Jawa Timur

Peran Serta Media Dalam Meningkatkan Pertisipasi Masyarakat Pada Pemilu 2024

BeritaNasional.ID Lumajang- Komisi pemilihan Umum Kabupaten Lumajang adakan giat Media Gathering bertajuk peran serta media dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu 2024 bertempat di kafe saujana minggu malam (16/10/2022).

Yuyun Baharita ketua KPU kabupaten Lumajang dalam penyampaiannya mengatakan peran serta media sangat penting untuk turut serta mensukseskan pemilu tahun 2024, KPU dengan media adalah simbiosis mutualisme.

“Peran serta media dalam menyukseskan pemilu 2024 sangat penting bagi kami KPU kabupaten Lumajang mengingat personil kami terbatas, dengan adanya media kami berharap simbiosis mutualisme, bisa kerjasama, khususnya bisa menginformasikan ke desa desa terpencil di kabupaten Lumajang. Ini adalah pintu awal kerjasama antara media dan KPU.” Paparnya

Salah satu komisioner KPU divisi Parmas, Yusuf Adi Pamungkas, ikut mengucapkan terima kasih atas kehadiran rekan-rekan media se Kabupaten Lumajang, dengan di adakannya acara kali ini KPU dengan media tidak ada skat untuk saling menyampaikan segala informasi tentang pemilu 2024.

“Kita bisa bekerjasama dengan rekan-rekan media dalam memberikan informasi kepada masyarakat Lumajang. Mudah-mudahan adanya Media Gathering ini menjadi pintu awal antara KPU dan media bisa bekerjasama demi kesuksesan pemilu 2024,” ucapannya

Di tempat yang sama media gathering narasumber Drs.Mahmud Suhermono Wakil ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia ) Jawa timur menjelaskan perbedaan antara media pers dengan media non pers.

“Perbedaan antara Media Pers dengan media non Pres, media Pers adalah media yang memenuhi kriteria dan persyaratan sebagai Pers di atur UU No 40 tahun 1999 dan peraturan peraturan Dewan Pers, sedangkan Media Sosial media yang tidak memenuhi kriteria dan persyaratan sebagai Pers diatur dengan UU kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum, UU ITE dan lain lain” jelasnya

Peran serta media pers di sampaikan Mahmud sangat penting dalam menginformasikan berbagai persiapan tahapan pemilu, dinamika politik, pemersatu bangsa mencegah polarisasi di masyarakat.

“Peran setrategis media pers di pemilu 2024 mengomunikasikan berbagai persiapan tahapan pemilu, dinamika politik, pemersatu bangsa dengan mencegah polarisasi di masyarakat”. Lanjutnya (Rhm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button