DaerahJawa TimurNasionalSitubondoTNI Dan Polri

Ini Pesan Presiden RI, Saat Puncak Penanaman Mangrove Secara Nasional

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Komandan Kodim 0823 Situbondo Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto dan Jajaran Forkopimda Kabupaten Situbondo lain mengikuti puncak penanaman mangrove secara serentak bersama Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo secara virtual, Senin (15/05/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Kampung Kerapu, Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo ini juga dihadiri Sekda Situbondo Wawan Setiawan, Kasdim 0823 Situbondo Mayor Inf Sampak, S.Ag, Para Pasi Dim 0823 Situbondo, Para Danramil Jajaran Dim 0823 Situbondo, Perwakilan Kapolsek se Kabupaten Situbondo, Kadis DLH Situbondo, Sekdis Kominfo Situbondo, Kades Klatakan, perwakilan anggota masing masing Koramil jajaran Kodim 0823, Perwakilan Pramuka, serta Perwakilan dari masyarakat.

Dalam arahannya Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa, Hutan mangrove di Indonesia terluas dan terbesar di dunia dengan luas 3.3 juta hektare dan sebagian juga perlu di rehabilitasi serta di perbaiki. “Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada TNI, POLRI , Pemda dan para pencinta lingkungan yang telah bersama sama merehabilitasi hutan mangrove kita yang memang perlu diperbaiki,” kata Presiden Republik Indonesia secara virtual.

Tak hanya itu yang disampaikan Joko Widodo, namun Presiden RI ini juga berpesan agar setelah pohon mangrove ini ditanam harus dirawat dan dipastikan tumbuh dengan baik. “Dengan tumbuhnya pohon mangrove ini, maka keberlangsungannya bisa kita nikmati dan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia,” pesan Presiden Republik Indonesia.

Sementara itu, Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro mengatakan, wilayah garis pantai Kabupaten Situbondo kurang lebih sepanjang 150 KM. “Kegiatan penanaman pohon mangrove ini kami laksanakan di daerah pesisir pantai Desa Klatakan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pelestarian alam dan tumbuhnya Pohon Mangrove di pesisir pantai yang ada di wilayah kabupaten Situbondo,” jelas Dandim Situbondo.

Lebih lanjut Dandim Situbondo mengatakan, kegiatan Penanaman Mangrove Nasional secara serentak dilaksanakan dalam rangka menjaga kelestarian Hutan Magrove yang memberikan banyak manfaat bagi keseimbangan lingkungan hidup serta mencegah abrasi pantai.

“Untuk mewujudkan itu semua membutuhkan kerja sama dan peran serta kita bersama untuk selalu bisa menjaga lingkungan, menjaga kelestarian agar alam tetap selalu indah, lestari, dan nyaman serta ekosistem serta pesisir laut dapat tetap terjaga dengan baik,” pungkas Dandim Situbondo. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button