DaerahJawa TimurPemerintahanSitubondo

2 Tahun Berturut-Turut Pemkab Situbondo Raih Penghargaan KLA Kategori Nindya

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Kembali Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo mempertahankan gelar sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Nindia untuk ke dua kalinya. Diraihnya penghargaan tersebut merupakan satu bukti komitmen yang dilakukan Pemerintah Daerah Kebupaten Situbondo bersama stakeholder dan pihak terkait lainnya untuk terus melakukan perlindungan terhadap anak dan pemenuhan hak-haknya, Minggu (23/7/2023).

“Ini merupakan kolaborasi bersama sehingga Kabupaten Situbondo meraih penghargaan KLA kategori Nindya berturut-turut selama 2 tahun. Kami akan teruskan dan meningkatkan kolaborasi, agar di tahun 2024 dan seterusnya kita bersama-sama bisa semakin memperkuat komitmen dalam melindungi dan memenuhi hak-hak anak,” kata Moh Imam Darmaji Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Situbondo

Penerimaan penghargaan KLA kategori Nindya, sambung Imam Darmaji, diserahkan langsung oleh I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, kepada Bupati Situbondo Karna Suswandi, di Hotel Padma, Semarang pada hari Sabtu, 22 Juli 2023.

Untuk mencapai kategori KLA yang lebih tinggi lagi, lanjut Imam Darmaji, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan semua elemen, dalam menyamakan dan memperkuat perspektif, supaya semua lapisan masyarakat memiliki pemahaman yang sama, dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak yang lebih tinggi.

“Kami ucapkan terima kasih atas sinergi yang telah dilakukan bersama, pemerintah dengan masyarakat, forum anak, akademisi, swasta dan unsur lain, juga rekan-rekan media yang ikut mensosialisasikan program Kabupaten Layak Anak. Kedepan, Pemkab Situbondo akan menjalankan upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak di berbagai sektor. Mulai dari sektor kewilayahan, pendidikan, kesehatan, perlindungan dan pendampingan hukum, hingga peribadatan di rumah ibadah,” ujar Imam Darmaji.

Kabupaten Situbondo, lanjut Imam Darmaji, menerima KLA kategori Nindya 2 tahun berturut TURUT, berkat dukungan Bupati Situbondo bersama stakeholder di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo dan kekompakan pihak-pihak terkait lainnya.

“Anugera KLA Tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Padma Semarang ini mengundang para Gubernur penerima Provila dan para Bupati yang mendapat Piala KLA kategori Nindya dan Utama. Sedangkan, KLA kategori Pratama dan Madya dilakukan secara daring,” kata Imam Darmaji.

Selain menyerahkan Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak dan Provinsi Layak Anak yang diberikan kepada daerah berprestasi, imbuh Imam Darmaji, Menteri PPPA di damping oleh Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional, Benny Mamoto juga memberikan penghargaan kepada para Aparat Penegak Hukum (APH) yang dalam pelaksanaan tugasnya berpihak kepada kepentingan terbaik anak dan perlindungan menyeluruh.

“Adapun 4 APH diberikan penghargaan tersebut diantaranya, Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya, Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat, Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, dan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah,” pungkas Imam. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button