HeadlineNasional

20 Negara Akan Terlibat Dalam Latma Super Garuda Shield 2023

BeritaNasional.ID,  JAKARTA — Sejumlah negara dari Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat akan menggelar latihan militer bersama Tentara Nasional Indinesia (TNI) bertajuk Super Garuda Shield (SGS) 2023. Rabu (30/8/2023).

Latihan Bersama (Latma) SGS 2023 akan digelar dibeberapa titik di Indonesia 31 Agustus hingga 13 September 2023. Militer AS mengatakan latihan ini sebagai wujud solidaritas multilateral yang kuat untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Adapun lokasi Latihan Latma yakni di Surabaya, Banyuwangi, dan Situbondo.

Dikutip dari siaran pers Kedutaan Besar AS pada senin 29 Agustus 2023  Panglima Angkatan Darat AS di Pasifik Jenderal Charles Flynn mengatakan,  Latma SGS 2023 akan dibuka pada kamis 31 Agustus 2023 di Puslatpur Marinir 5 Baluran Karang Tekok, Banyuputih Situbondo, JawaTimur.

Terdapat 20 negara yang akan ambil bagian dalam latihan Bersama tahunan antara TNI dan Komando Indo-Pasifik AS ini yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yakni negara yang mengirim personel militer untuk latihan gabungan dan negara observer (pengamat) selama latihan berlangsung.

Untuk kelompok pertama, negara yang mengirim personel militer antara lain Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Indonesia, Jepang, Australia dan Singapura.

Sedangkan kelompok kedua negara observer terdiri dari Brasil, Kanada, Jerman, India, Malaysia, Belanda, Selandia Baru,  Filipina, Korea Selatan, Timor Leste, Brunei Darussalam dan Papua Nugini.

“Latihan bersama multinasional ini menunjukkan komitmen kolektif dan kesatuan pemikiran kita, memungkinkan terciptanya Indo-Pasifik yang stabil, aman, dan lebih damai, bebas, dan terbuka,” papar Jenderal Charles Flynn, dikutip dari siaran pers Dubes AS.

Adapun Latma Super Garuda Shield kali ini akan diikuti oleh 2.810 prajurit TNI dan 2.165 personel negara asing. Pelatihan mencakup pertukaran akademis ahli dan lokakarya pengembangan profesional, simulasi komando dan kendali, latihan amfibi, operasi lintas udara (airborne operations), latihan perebutan pangkalan udara, serta pelatihan lapangan gabungan dengan latihan menembak senjata sebagai puncaknya.
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button