Lumajang

20 Siswa Ikuti Praktek Kerja Lapangan MA Plus Ketrampilan MAN Lumajang

BeritaNasional.ID, LUMAJANG JATIM – Senin, (03/06/2023) Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan bentuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan bekerja secara langsung, secara sistematik dan terarah dengan supervisi yang kompeten.

MAN Lumajang mengadakan kegiatan Pelepasan siswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan ini dilaksanakan di aula asrama putri MAN Lumajang dengan dihadiri kepala MAN Lumajang, ketua MA Plus Keterampilan, waka dan staf MAN Lumajang.

Terdapat sebanyak 20 siswa yang terdiri dari Prodistik 17 siswa dan Protabus 3 siswa diberangkatkan magang di 9 wilayah yang terjangkau dengan tempat tinggal siswa yang dimagangkan. Kegiatan magang dilaksanakan dalam waktu kurang lebih empat minggu mulai tanggal 03 Juli – 23 Juli 2023.

Adapun yang menjadi tempat magang siswa MA Plus Keterampilan MAN Lumajang untuk bidang Design Grafis yakni, AA Foto Lumajang, Rizky Foto Pulo, Sentral Percetakan Lumajang, Ryo Percetakan Lumajang, Ryo Digital Percetakan Lumajang, Araya Foto Lumajang, sedangkan untuk bidang Tata Busana yakni LKP Mandiri Lumajang, dan Bangun Roda Kaos Lumajang.

Dengan kegiatan magang ini, siswa tidak hanya melaksanakan teori saja melainkan praktek juga yang dijalani, sebagaimana yang diungkapkan ketua MA Plus Keterampilan ustadzah Dra. Nila Hayati.

“harapannya anak-anakku ditempat magang benar-benar memperoleh ilmu tidak lagi teori tetapi praktek didunia nyata,” ungkapnya.

Pemberian materi pada 20 siswa yang mengikuti PKL

Kepala MAN Lumajang Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag., M.Pd memberikan statement untuk siswa MAN Lumajang bisa masuk pada seluruh elemen yang salah satunya berkaitan dengan dunia kerja.

“Lulusan madrasah yang ada MA Plus Keterampilan ini harus bisa masuk pada seluruh elemen, dengan pembekalan dari madrasah 75 % praktek dan 25 % teori,” ungkapnya.

Edy Nanang Berharap siswa yang sudah Lulus memiliki skil yang bisa di kembangkan di luar Madrasah 

“Harapannya siswa ketika lulus dari MA plus keterampilan sudah memiliki sklill yang bisa dikembangkan diluar madrasah,” imbuhnya.

Kepala MAN Lumajang juga menyampaikan pesan pada seluruh siswa yang dimagangkan tidak lupa pada ibadah sholat juga jaga ahklaq.

“Karena kalian sebagai siswa madrasah, ketika magang jaga selalu sholatnya, manfaatkan waktu yang ada selama 4 minggu, saya titip yang kedua jaga akhlak, sholat dhuhanya, diupayankan karna itu adalah furudhul ainiyah, yang ketiga nanti kalian seyalah magang betul-betul ada laporannya , dan buatkan konten,” tegasnya.

Harapan juga disampaikan dari isntruktur bidang Protabus ustadzah Maryam dengan adanya kegiatan PKL Peserta didik bisa mendapatkan pengetahuan, ketrampilan serta berwawasan dunia usaha atau dunia industri.

“Harapan saya dari adanya kegiatan PKL ini siswa-siswi prodistik dan protabus mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan dunia usaha atau dunia industri. Sehingga siswa/i protabus dan prodistik mampu menjadi lulusan berkreasi dan berinovasi sesuai kemajuan global,” ungkapnya. (Rhm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button