Daerah

21.000 Warga di Kabupaten Sintang Terdampak Banjir, Bahkan Sempat Surut, Hari ini Debit Air Naik Lagi

BeritaNasional.ID, SINTANG Kalbar – Sempat surut banjir pada Jum’at (29/10/2021) di kabupaten Sintang dan sekitarnya pada hari ini Sabtu (30/10/2021) dilaporkan banjir naik lagi. Masyarakat diharapkan tetap waspada.

Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Sintang, banjir naik lagi diperkirakan hingga 25 cm jadi ketinggian air bertambah lagi di bantaran sungai Kapuas dan Melawi mencapai 2 meter bahkan lebih.

Kepala BPBD kabupaten Sintang Bernard Saragih mengatakan, banjir terjadi dalam sepekan terakhir di kabupaten Sintang dari 12 kecamatan yang terdampak membuat warga banyak meninggalkan kediamannya.

Walaupun pihaknya sudah menyiapkan tempat-tempat pengungsian namun masyarakat lebih banyak mengungsi di rumah tetangga maupun keluarga yang posisinya lebih tinggi menjauh dari bantaran sungai.

Saat ini aktifitas warga masih belum normal bahkan beberapa ruas jalan juga masih terputus, Dia katakan saat ini untuk warga yang terdampak banjir diperkirakan hingga mencapai 21.000 orang, jumlah tersebut dari data per (27/10/2021).

“Dari data tersebut sudah kami laporkan kepada Gubernur Kalbar, dan kemarin Wakil Gubernur Kalbar juga sudah berkunjung ke Sintang,” jelas Bernard Saragih.

Kemudian diterangkan juga oleh Bernard Saragih, saat ini dapur umum dari BPBD juga masih standby untuk melayani makanan siap saji bagi warga yang terdampak banjir.

Jika hingga besok air juga belum surut maka dapur umum, terangnya akan diperpanjang lagi untuk menyiapkan makanan siap saji baik bagi warga yang mengungsi di posko ataupun di rumah-rumah tetangganya.

“Dapur umum dari dukungan Pemkab Sintang juga dari mobil dapur umum dari Pemprov, selain itu dapur umum dari swadaya masyarakat juga,” terangnya. (Fyan/Red)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button