Ragam

314 Siswa Madrasah Ikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Sumatera Utara 2019

BeritaNasional.ID Medan – Sebanyak 314 siswa-siswi madrasah mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Sumatera Utara 2019. Kompetisi ini sekaligus menjadi ajang seleksi duta Sumut, untuk mengikuti KSM tingkat nasional di Manado, pada September 2019 mendatang.

“Pesertan KSM ini, dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) 60 orang, Madrasah Tsanawiyah (MTs )92 orang dan dari Madrasah Aliyah (MA) 162 orang,” ungkap Ketua Panitia, Nursyamsiah saat pembukaan di Asrama Haji Medan Rabu (14/8/2019).

Nursyamsiah juga Kasi Kesiswaan Kanwil Kemenag Sumut ini menjelaskan, KSM mulai tanggal 14-15 Agustus 2019. Untuk test kompetisi jenjang MI dilaksanakan di MTSN 2 Medan, test kompetisi jenjang MTS di MAN 1 Medan.Sedangkan, test jenjang MA di MAN 2 Model.

Sementara mata pelajaran yang di kompetisikan yakni IPA dan Matematika tingkat MI. Matematika, IPA dan IPS terpadu terintegrasi nilai keislaman tingkat MTS dan Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi dan Ekonomi yang terintegrasi nilai keislaman untuk tingkat MA.

Kepala Kanwil Kemenag Sumut, H Iwan Zulhami mengatakan, selain meraih prestasi, juga berharap kegiatan menjadi ajang silaturahmi antar Kakan Kemenag Kabupaten/kota.

“KSM tahun 2015 Sumatera Utara pernah meraih 3 emas dari 11 cabang. Untuk tahun ini, sudah saya sampaikan kepada Kabid dan Kepala Madrasah, kita target 5 emas pada KSM di Manado,” ujar Iwan.

Pada KSM ini, Iwan optimis duta Sumut nantinya mampu meraih target 5 emas dari 9 cabang yang di perlombakan pada KSM di Manado.

“Persiapan sudah matang, mulai dari pembimbingan oleh LOPI (Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia), hingga mengarantina para siswa. Madrasah harus hebat bermartabat,” tandasnya.

Pembukaan KSM Sumut dihadiri perwakilan Kapolda Sumut dan perwakilan Gubernur Sumut. Selain itu, dihadiri seluruh Kakan Kemenag Kabupaten/kota serta undangan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button