ACEH

520 Mahasiswa IAIN Lhokseumawe Diwisudakan, 120 Lulusan Pascasarjana

BeritaNasional.ID | Lhoksuemawe – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe kembali mengukuhkan 520 wisudawan Angkatan VIII Tahun Akademik 2023/2024, Rabu 22 November 2023.   Wisuda yang digelar di gedung serbaguna kampus tersebut berlangsung khidmat dan lancar.

Berdasarkan laporan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Lhokseumawe, Iskandar, peserta wisuda yang tercatat dengan rincian sebagai berikut, lulusan Pascarjana S2 sebanyak 120 orang, Sarjana Srata 1 (S1) dengan rincian Fakutas Syariah (FASYA) sebanyak 57 orang, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) sebanyak 217 orang, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) sebanyak  65 orang dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sebanyak 61 orang.

Lanjut Iskandar, adapun total jumlah 520 wisudawan, diantaranya sebanyak 207 lulusan dengan meraih predikat Cumlaude, 302 lulusan dengan predikat Sangat Memuaskan dan 11 lulusan dengan predikat Memuaskan, jelasnya.

Rektor IAIN Lhokseumawe, Danial dalam sambutannya menerangkan, Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, berdiri megah dan gagah di wilayah Kerajaan Samudera Pasai di atas bentangan tanah seluas 32 hektar.  Sejarah mencatat bahwa diantara kegemilangan peradaban yang dimiliki Samudera Pasai adalah kebahagiaan dan kesejahteraan hidup masyarakatnya. 

Kebahagiaan, melukiskan tingginya perhatian pemimpin saat itu kepada pembangunan ruhaniah (spiritual, emosional dan intelektual) manusia.  Sedangkan kesejahteraan menggambarkan keberhasilan dalam pembangunan jasmaniah (material) umat. Hal inilah yang mengantarkan kerajaan ini menjadi kosmopolitan yang memiliki pengaruh melampaui Asia Tenggara, terang Rektor pada awal sambutannya.

Lanjut Rektor IAIN, dalam mewujudkan cita-cita di atas, pihaknya meniscayakan 3 kesadaran penting, yakni kesadaran terhadap masa silam, sekarang, dan masa depan. Kesadaran terhadap masa silam adalah kesadaran kepada berbagai kemajuan yang pernah dan berhasil dicapai serta berbagai kekurangan dan kelemahan yang akan kita sempurnakan. 

Sementara kesadaran terhadap masa sekarang (kekinian), adalah kecermatan dan kecerdasan dalam memahami dan menggunakan seluruh potensi dan kelebihan yang kita miliki.  Hal ini tentu tidak lain untuk membangun dan mengembangkan institusi yang menjadi permata hati dan kebanggaan masyarakat Aceh ini.

Potensi dan SDM IAIN Lhokseumawe

Danial menjelaskan, IAIN Lhokseumawe memiliki lahan seluas 32 ha, 60% Sumber Daya Manusia (SDM) masih muda, energik dan berpengalaman dengan pengalaman kerja paling sedikit 10 tahun.  Saat ini IAIN memiliki 23 jurusan atau Prodi dengan rincian 19 jurusan pendidikan sarjana dan 4 program studi pascasarjana. “Untuk status dan kondisi kampus saat ini, akreditasi institusi bernilai Baik Sekali, 9% Jurusan terakreditasi A, 64% terakreditasi B, 27% terakreditasi Baik atau C, 56 Dosen bergelar Doktor, 24 Lektor Kepala, pluralitas dosen (lulusan dalam dan luar negeri di berbagai universitas yang tersebar di 5 benua, dengan latar belakang suku serta asal mahasiswa, keluasan jaringan, dan kebersamaan dan kekompakan,” ungkap Rektor. Jadi menurutnya, jika semua potensi dan khazanah sangat berharga tersebut terintegrasi dan bersinergi, maka akan melahirkan kekuatan dahsyat untuk membangun IAIN Lhokseumawe,  melalui visi dan misi sebagai kampus peradaban.  Pada akhir sambutannya, Rektor juga memaparkan sejumlah pencapaian Rektor IAIN Lhokseumawe selama 3 tahun terakhir, terhitung dari tanggal 1 Maret 2021 hingga saat ini.  Perihal pertama meningkatnya Akreditasi Institusi dari C menjadi Baik Sekali, jumlah Dosen dengan jabatan fungsional Lektor Kepala dari 12 orang menjadi 24 orang. “Sementara untuk sumberdaya manusia yang dimiliki saat ini, IAIN Lhokseumawe mempunyai Dosen yang bergelar Doktor (S3) dari 43 orang menjadi 61 orang.  Untuk Jurnal dari ISSN dari tidak terakreditasi menjadi 4 terindeks SINTA dan tahun ini, InsyaAllah akan bertambah 5, sehingga menjadi 9 Jurnal,” terangnya.

Saat ini IAIN juga sudah memiliki RIP, Renstra dan Renop yang menjadi pedoman Pembangunan dan Pengembangan IAIN Lhokseumawe.  Disamping itu rencana alih bentuk dari IAIN Lhokseumawe menjadi UIN Sultanah Nahrasiyah, sekarang sudah pada tahap di MENPAN-RB.

Terakhir, Rektor juga mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang telah dikukuhkan, semoga dapat mengimplementasikan keilmuannya dan bermanfaat bagi semuanya.  Kepada para lulusan juga meminta agar tetap dan terus belajar untuk mengikuti perkembangn zaman yang terus bergerak. (*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button