BanyuwangiDaerah

900 Warga Binaan Lapas Banyuwangi Dapatkan Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Sebanyak 900 warga binaan pemasyarakatan Lapas Banyuwangi mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap pertama, Kamis (22/7/2021). Hal tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi penularan Covid-19 didalam Lapas.

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan melalui kerjasama antara Lapas Banyuwangi, Satgas Covid-19 Banyuwangi, Dinas Kesehatan dan Kodim 0825 Banyuwangi. Vaksin yang diberikan adalah jenis Sinovac.

“Beberapa waktu yang lalu kami memang telah mengirimkan surat kepada Dinas Kesehatan Banyuwangi perihal permohonan vaksin untuk warga binaan kami. Alhamdulillah direspon dengan cepat oleh Dinas Kesehatan yang juga bekerjasama dengan Satgas Covid-19 Banyuwangi dan Kodim 0825 Banyuwangi,” ujar Wahyu Indarto selaku Kalapas Banyuwangi.

Wahyu mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini sedikit terkendala karena beberapa warga binaan belum mengetahui NIK nya. Namun untuk menyiasati hal tersebut, Lapas Banyuwangi juga mendatangkan perwakilan dari Dispendukcapil untuk membantu percepatan pendataan maupun pelacakan NIK dari warga binaan. “Karena vaksinasi ini hanya dilakukan pada hari ini saja, kami datangkan pihak Dispendukcapil, agar seluruh warga binaan kami dapat menjalani vaksinasi,” tambahnya.

Tenaga vaksinator dalam kegiatan ini didatangkan dari beberapa Puskesmas di sekitar Lapas Banyuwangi yang sebelumnya telah diperintahkan oleh Dinas Kesehatan Banyuwangi. “Untuk vaksinnya, yaitu jenis Sinovac kami dapatkan dari Kodim 0825 Banyuwangi,” ucap Wahyu.

Dari sekitar 900-an warga binaan yang ditargetkan mendapatkan vaksinasi, terdapat sebagian yang harus ditunda. “Harapan kami seluruh warga binaan dapat menajalni vaksinasi, akan tetapi setelah dilakukan pengecekan kesehatan ada sebagian yang belum memenuhi syarat, sehingga terpaksa kami tunda dulu saampai kesehatannya membaik,” jelas Wahyu.

Wahyu menjelaskan bahwasanya kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat imun para warga binaan agar tidak mudah tertular Virus Covid-19, mengingat keadaan Lapas Banyuwangi yang sudah over kapasitas, sehingga sangat rentan terjadi penularan.

“Untuk saat ini, warga binaan kami tidak ada yang terpapar. Namun beberapa minggu yang lalu ada beberapa warga binaan kami yang sempat terpapar dan sekarang sudah dinyatakan sembuh. Dengan adanya vaksinasi ini mudah-mudahan tidak ada lagi warga binaan kami yang terpapar. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bersedia menyelenggarakan kegiatan vaksinasi kepada warga binaan kami,” pungkas Wahyu. (Hari)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button