DaerahSUMUT

Dinkes Batubara Bersama Bunda PAUD Ny. Maya Beri Pemahaman Kesehatan Dasar Anak

BeritaNasional.ID, Batubara – Bunda PAUD Kabupaten Batubara laksanakan Pertemuan Peningkatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui Sektor Kesehatan Dinas Kesehatan di Aula Rumah Dinas Bupati Komplek Tanjung Gading. Selasa, (21/09/2021)

“Peningkatan kualitas dan kompetensi guru PAUD melalui program kesehatan sangat di perlukan.Oleh karena itu tenaga pendidik PAUD agar lebih sensitif terhadap masalah kesehatan dasar, gizi dan mampu mendorong stimulasi baik terkait pola makan, pola asuh maupun sanitasi,” Ujar Ny Maya Indriasari Zahir selaku Bunda PAUD Kabupaten Batubara saat membuka kegiatan.

Ny. Maya berharap dengan adanya pertemuan peningkatan PAUD melalui sektor kesehatan ini dapat meningkatkan pelayanan pendidikan anak usia dini melalui program-program kesehatan di seluruh wilayah Kabupaten Batubara.

Pertemuan tersebut merupakan salah satu bentuk upaya nyata untuk meningkatkan kualitas PAUD melalui program kesehatan dan mendiseminasikan program-program kesehatan secara luas kepada masyarakat, sehingga masyarakat banyak yang akan memahami bahwa PAUD merupakan wadah penanganan anak usia dini secara utuh.

“PAUD ini penting sebagai forum untuk memberikan edukasi tentang pola makan, pola asuh dan pola sanitasi kepada para orang tua terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan,” beber Bunda PAUD.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan drg. Wahid Khusyairi, MM mengatakan bahwa, Program Kesehatan di Kabupaten Batubara dalam upaya memutus mata rantai Pandemi Covid-19.

drg. Wahid menjelaskan yang melatar belakangi pertemuan tersebut, agar seluruh lapisan masyarakat berhak untuk hidup sehat dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak, serta ikut berperan aktif dalam pembangunan kesehatan.

“Perilaku hidup sehat merupakan kebiasaan yang kedisiplinan dan ketelatenan dalam penerapan pada setiap anak dan harus sudah dimulai sejak dini,” katanya.

Salah satu bidang yang terpenting yang harus dilaksanakan pada bidang kesehatan sekolah, yang lebih dikenal dengan istilah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan tenaga didik, sehingga mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik turut meningkat.

Sedangkan peserta pertemuan berasal dari Bunda PAUD sebanyak 50 orang, dengan Narasumber dari Pokja Bunda PAUD Provinsi Sumatera Utara sebanyak 2 orang, dan pelaksana kegiatan dari bidang Kesehatan Masyarakat Seksi Promosi Masyarakat Dinas Kesehatan dan Pemberdayaan Kesehatan Kabupaten Batubara. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button