HeadlineSulawesiSulbar

Terkait Vaksin Kadaluarsa, Suaib Nawawawi : Hal Wajar, Tidak Akan Digunakan

BeritaNasional.ID SULBAR — Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Suaib Nawawi angkat  bicara terkait adanyaadanya Vaksin Kadaluwarsa di wilayah Polman.

Menurutnya Suaib Nawawi, keberadaan vaksin kedaluwarsa tersebut merupakan yang wajar dan tak perlu dikhawatirkan oleh masyarakat karena vaksin kadaluwarsa maupun yang mendekati kadaluwarsa semua telah ditarik oleh Dinas Kesehatan untuk dimusnahkan.

” Tak usah takut dengan Vaksin Kadaluwarsa  karena tidak akandigunakan, vaksin kadaluwarsa itu hal yang wajar ” kata Suaib kepada BeritaNasional.ID, Rabu 17 November 2021.

Dijelaskan Suaib, Vaksin Kadaluarsa terdapat 6 vial jenis Sinovac  dan sebanyak 2 Vial jenis moderna.

“Untuk pengelolaan vaksin, itu juga sama seperti pengelolaan obat, pengelolaan produk makan dan minuman. Ada istilahnya first expired, first out, termasuk vaksin Covid-19. Semua vaksin memiliki masa atau expired sebagaimana tercantum di botol atau wadah dari vaksin tersebut.,” jelas Suaib.

Selain itu Suaib juga mengatakan, setelah Pengeluaran vaksin dari box pendingin  maka harus digunakan dengan selama 30 hari , seperti vaksin Moderna jika tidak di gunakan dalam masa 30 hari sekalipun tidak masuk kategori expired itu sudah expired.

Expired Vaksin terjadi karena  Animo masyarakat tidak bisa ditebak untuk melakukan vaksin.

Dalam keterangannya, Suaib juga menekankan agar masyarakat tidak perlu takut dan khawatir tentang adanya vaksin Kadaluarsa , karena itu tidak digunakan dan akan segera dimusnahkan dengan berita acara pemusnahan, saat ini vaksin kadaluarsa 6 vial tersebut telah ditarik.

Dalam Penggunaan Vaksin, pihaknya sudah melakukan sesuai dengan mekanisme yang ada , sesuai dengan aturan yang berlaku.

Suaib juga mengajak masyarakat agar yang belum vaksin segera melakukan vaksin , agar masa pandemi ini segera berakhir .

Hasfach salah satu warga yang telah di vaksin mengatakan, dirinya tidak takut dengan adanya vaksin Kadaluarsa , karena itu tidak mungkin digunakan untuk masyarakat, pemerintah sudah berusaha sebaik mungkin untuk melindungi kita semua dari Corona . (yuni)

 

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button