AsahanNasional

Minta Kadisnaker Dicopot, SPPP – SPSI Kabupaten Asahan Gelar Aksi Unjuk Rasa Damai

BeritaNasional.Id – Kisaran, Sumatera Utara – Ratusan massa Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan SPSI Kabupaten Asahan menggelar aksi unjuk rasa damai di kantor DPRD Asahan, Sumatera Utara, Rabu (30/03/2022).

Massa meminta Bupati Asahan untuk dapat menempatkan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan yang bijaksana dan tidak membuat keresahan / kegaduhan di kalangan pengurus dan anggota SPPP – SPSI Kabupaten Asahan.

Dengan membawa bendera dan poster yang berisi tuntutan dan kecaman copot Kadisnaker Asahan, ratusan buruh tersebut berjalan kaki sejauh lebih kurang 3 Km dari kantor PC F.SPPP – SPSI Kabupaten Asahan di jalan Latsitarda Nusantara VIII menuju kantor DPRD Kabupaten Asahan yang berada di jalan Jendral Ahmad Yani By Pass Kisaran.

Dalam aksi unjuk rasa damai itu kordinator dan pengurus SPPP – SPSI Kabupaten Asahan menyampaikan keprihatinannya terhadap Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan yang akhir – akhir ini kinerjanya dinilai tidak bisa menunjukkan sikap netral dalam menjalankan tugas yang diembannya dibuktikan dengan beredarnya surat Dinas Ketenagakerjaan ke beberapa PUK SPPP – SPSI dan perusahaan perihal pemberitahuan pelaksanaan verifikasi.

Surat pemberitahuan pelaksanaan verifikasi yang dikeluarkan Dinas Ketenagakerjaan itu dinilai telah berpihak kepada salah satu serikat pekerja dan dinilai bertentangan dengan Undang – Undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja / Serikat Buruh.

Irwan Panjaitan salah seorang pengurus SPPP – SPSI Kabupaten Asahan dalam orasinya menyampaikan bahwa tujuan dari unjuk rasa tersebut adalah menyampaikan aspirasi terkait kinerja Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan yang bertindak sepihak kepada salah satu serikat pekerja yang ada di Kabupaten Asahan ini.

Kami berharap DPRD Asahan dapat menyampaikan aspirasi kami terkait kinerja Kepala Dinas Ketenagakerjaan kepada Bupati Asahan. Kalau memang tidak tepat untuk menjadi Kepala Dinas Ketenagakerjaan copot saja dari jabatannya, ujar pentolan SPSI Asahan itu.

Tak berapa lama setelah menyampaikan orasinya, perwakilan pengunjuk rasa untuk menyampaikan aspirasinya kepada DPRD Asahan dan diterima oleh anggota Dewan Irwansyah Siagian SE, MM dan Muhammad Reza Andhika.

Dalam pertemuan itu Irwansyah menyatakan akan menyampaikan aspirasi dari pekerja yang tergabung dalam Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan SPSI Asahan tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Asahan.

Secara terpisah Sekretaris PC SPPP – SPSI Kabupaten Asahan Musa Siregar SH kepada wartawan menyatakan sangat menyayangkan tindakan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan yang terkesan telah mengabaikan ketentuan Undang – Undang karena berpihak kepada salah satu serikat pekerja dalam melakukan proses verifikasi keanggotan serikat pekerja / serikat buruh.

Hal ini terbukti dengan adanya surat yang dikeluarkan oleh dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan perihal pemberitahuan pelaksanaan verifikasi atas permohonan salah satu serikat pekerja. Dimana untuk melakukan verifikasi keanggotaan serikat pekerja dimaksud, dinas Ketenagakerjaan malah meminta SPPP – SPSI Kabupaten Asahan menghadirkan anggotanya untuk ikut diverifikasi.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button