Jawa Timur

Terancam Abrasi, Dandim 0820 Probolinggo Tanam Mangrove Di Pantai Sumberejo

BeritaNasional.ID,PROBOLINGGO-Kawasan pantai Semberejo Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo ditanami pohon mangrove oleh jajaran TNI Kodim 0820 Probolinggo bersama elemen bangsa Polri dan masyarakat.Jumat (11/11/22).

Penanaman pohon mangrove ini sebagai upaya mencegah abrasi yang kini mengancam kawasan pantai tersebut yang ditanami pohon mangrove.

Aksi tersebut adalah wujud penyelamatan lingkungan dengan menanam mangrove yang bertujuan untuk mencegah Abrasi.

Mengurangi emisi karbon dan menjaga ekosistem pesisir. Selain melestarikan habitat pantai, mangrove dapat mencegah abrasi pantai dan Pemecah gelombang,” sebut Dandim Letkol Arh Arip Budi Cahyono

Dandim menambahkan, saat ini upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta reboisasi dan penghijauan sudah tidak dapat ditunda lagi.Bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius, salah satunya ialah abrasi yang dapat menyebabkan penyempitan garis pantai.

Kita bersama-sama berupaya menjaga ekosistem alam agar tetap seimbang. Harapannya kita selalu menjaga kelestarian lingkungan dengan baik.

Mangrove bukan hanya bermanfaat bagi lingkungan, akan tetapi mangrove nantinya juga bermanfaat bagi masyarakat.

Pohon mangrove memiliki fungsi tempat penyimpanan air dan untuk mengurangi polusi pencemaran udara. Sekaligus mencegah terjadinya abrasi pantai.

Sehingga penting untuk dijaga dan dipelihara,” Kata Dandim Letkol Arh Arip Budi Cahyono

 

***Onoy

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button