DaerahEkonomiJawa TimurRagamSitubondo

Dialog Interaktif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Siap Bantu Pelaku UMKM Situbondo

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno melaksanakan dialog interaktif strategi peningkatan UMKM di Kabupaten Situbondo, Sabtu (14/1/2023).

Dialog interaktif yang membahas panjang lebar tentang strategi peningkatan UMKM di Kabupaten Situbondo yang berlangsung di wisata Kampung Kerapu Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo ini dipandu oleh Hj. Zainiye anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan.

Adapun yang hadir dalam dialog interaktif ini antara lain Wakil Bupati Situbondo Nyai Hj Khoirani, Nyai Hj. Juwariyah istri Almarhum KHR Fawaid Samsul Arifin, KH Jaiz Badri Masduqi, KH Abdul Hadi Khozin, KH Ahmad Zaky Aulia Rahman, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro, pelaku UMKM Situbondo dan tamu undangan lainnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menanggapi pertanyaan santriwati yang bergerak pada bidang UMKM mengatakan bahwa pihaknya siap membantu perlengkapan merias pengantin berupa lipstik, siap membantu packaging atau kemasan dan siap membantu pembuatan Sertifikat Industri Rumah Tangga Pangan (SIRTP).

“Keluhan pelaku UMKM langsung kami selesaikan di sini. Terkait lipstik silahkan berkordinasi dengan Ibu Masruroh, untuk produk halal dan IRT silahkan berkoordinasi dengan Ibu Wakil Bupati dan persoalan packing silahkan berkordinasi dengan Ibu Ketua DPC PPP,” jelas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dihadapan pelaku UMKM.

Lebih lanjut, Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, untuk membantu kebutuhan pengembangan produk-produk ekonomi kreatif di Kabupaten Situbondo pada bidang kerajinan tangan langsung dikabulkan. “Dengan adanya gerakan UMKM ini, maka capaian target 44,4 juta lapangan kerja pada tahun 2024 mendatang akan terpenuhi,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, namun Sandiaga Salahuddin Uno juga menjelaskan terkait dengan sertifikat produk halal, pihaknya akan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo dan Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Pusat. “Kami akan membantu pembuatan sertifikat halal untuk UMKM secara gratis,” ujarnya.

Selanjutnya, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakat, terkait dengan wisata Kampung Kerapu ini, pihaknya mengapresiasi dan patut mendapat dua acungan jempol untuk Bundes Desa Klatakan. “Wisata Kampung Kerapu ini merupakan langkah inovasi dan wisata Kampung Kerapu ini bisa di contoh oleh pengelola wisata bahari lainnya. Sebab, spot seperti di Wisata Kampung Kerapu ini bisa dijadikan instragram mobile dan bisa menjadi spot unggulan bagi wisata kuliner,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button