DaerahJawa TimurRagamSitubondoSosial

Menjelang Imlek, Komunitas Xi Hua Situbondo Bagikan Angpao Berkah

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id-Menyambut Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili pada 22 Januari 2023, Komunitas Xi Hua Situbondo bagi-bagi berkah angpao untuk masyarakat tionghoa yang membutuhkan, Selasa (17/1/2023).

Pembagian berkah angpou yang yang dilaksanakan oleh Ketua dan pembina Xi Hua Kabupaten Situbondo ini bertempat di Aula PKMS di Jalan Argopuro V 11/999 Situbondo, terlaksana sederhana, namun penuh makna.

“Dalam tradisi perayaan tahun baru Imlek, satu agenda yang tidak pernah terlewatkan adalah membagikan angpao. Pembagian angpao diberikan sebagai simbol keberkahan dan pembagian angpou tidak serta dibagian begitu saja tapi ada tata caranya. Pemberian angpou oleh orang yang lebih tua kepada yang lebih muda. Tapi, tak jarang juga sebaliknya. Mereka yang lebih muda dan sudah bekerja memberikan angpao kepada orang yang lebih tua,” jelas Ketua Xi Hua Situbondo Linda Indrawati, SPd saat memberikan sambutan dihadapan penerima angpao.

Pemberian angpao, kata Linda, tidak sembarang diberikan begitu saja, melainkan terdapat asal-usul serta makna dari pemberian angpao itu sendiri. Namun, pembagian angpao ada maknanya tersendiri. “Penerima dan pemberi angpao harus menggunakan tangan dia. Angpao harus berwarna merah dan isi angpao tidak boleh ganjil,” jelas Linda.

Tak hanya itu yang disampaikan Ketua Xi Hua Situbondo, namun Linda Indrawati menjelaskan bahwa, sejak jaman dulu hingga sekarang, pemberian uang dengan amplop merah atau dikenal dengan angpao menjadi cara untuk menjaga keselamatan serta pembawa keberuntungan bagi penerima dan pemberinya. “Bagi mereka yang menerima amplop warna merah diyakinibmemiliki harapan aman dan damai menjalani hidup di tahun ini dan tahun mendatang,” jelasnya.

Menjelang perayaan Imlek Tahun ini, kata Linda, Komunitas Xi Hua Situbondo menyalurkan angpou bagi warga tionghua yang membutuhkan kurang lebih sebanyak 100 angpou. “Pembina Xi Hua Situbondo menyalurkan atau membagikan angpao kurang lebih sebanyak 100 angpao,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button