DaerahPolitikRagamSumateraSUMUT

Warga Pasiran Timur Minta Jalan Aspal, pada Reses DPRD Langkat Romelta dan Johan Bangun

BeritaNasional.ID, Langkat – Seratusan masyarakat menghadiri reses anggota DPRD Langkat Johan Wiryawan Bangun dan Romelta Ginting, S.E, di Dusun lll, Desa Pasiran Timur, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, Sumut, Sabtu (28/1/2023), sekitar pukul 11.00 WIB.

Diketahui, Johan Wiryawan Bangun merupakan Ketua Fraksi Demokrat, sekaligus ketua DPC Demokrat Langkat. Sementara Romelta Ginting, S.E, Ketua Fraksi PDIP, yang kedua sama-sama anggota DPRD Kabupaten Langkat dari Daerah Pemilihan (Dapil) lV, dan membidangi Komisi D DPRD Langkat.

Mereka saat ini melakukan reses, yang merupakan salah satu instrumen untuk memperoleh aspirasi dari konstituen sebagai implementasi di dalam proses pembangunan.

Terlihat dari sisi keramahan dan darmawannya kedua anggota DPRD Langkat ini terbukti cukup banyak warga masyarakat yang datang di reses yang mereka adakan, ter khusus bagi daerah Dapil mereka.

Terlihat antusias masyarakat yang hadir melebehi kapasitas undangan, bahkan masyarakat setempat juga duluan hadir dari jadwal dimulainya kegiatan reses saat itu. Banyak tokoh masyarakat, dan tokoh agama, hadir diacara reses tersebut, temasuk kaum ibu-ibu dan tokoh pemuda.

Darwin Sembiring, S.H, Kepala Desa Pasiran Timur dalam sambutannya mengatakan, ucapan selamat datang bagi kedua anggota DPRD Langkat di desa mereka. Dan mengatakan, semoga aspirasi yang disampaikan masyarakat nantinya bisa terelisasi, khusus usulan pembangunan jalan ber aspal untuk semua dusun  didesa mereka.

Kusmano, S.Sos, selaku Kasi PMP Kantor Camat Gebang, mewakili Camat Gebang dalam sambutannya menuturkan, kami menyampaikan salam dari Ibu camat, karena tidak bisa hadir, disebabkan sesuatu hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Reses ini dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat. Jadi, apa-apa yang menjadi usulan program masyarakat di desa ini, bisa disampaikan, dan semoga dapat terelisasi. Tentunya sebagai dasar program Kades.

Dengan kehadiran bapak DPRD Langkat pada hari ini, dapat mengawal pembangunan, terutama usulan yang besar, seperti jalan yang bermanfaat bagi masyarakat, tutup Kusmano.

Romelta Ginting, S.E, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Langkat dalam arahan dan bimbingan terkait reses mengatakan, reses ini untuk menjemput aspirasi masyarakat. Saya putra asli Desa Pasiran ini. Saya lahir di sini. Dulu orangtua saya pun asli disini, dan punya KTP di Desa Pasiran ini, sebutnya.

Saya menggandeng Ketua Fraksi Demokrat Bapak Johan Wiryawan Bangun, karena beliau juga sebagai Ketua Komisi D membidangi pembangunan, yang akan maju di DPRD Sumut, jelas Romelta Ginting, S.E, seraya berharap, pokir-pokir masyarakat didesa ini, juga dapat dikawal oleh Pak Johan Bangun.

Sementara itu, dalam sesi tanya jawab dikegiatan reses, Abdul Mutalib salah satu warga Dusun V Bukit Lalang, Desa Pasiran Timur menyampaikan, usulan permintaan pengaspalan jalan hotmix sepanjang 2.000 m X lebar 3 m.

Ngatini, warga Dusun IV Bukit Salak, juga mengusulkan pembangunan jalan aspal di dusunya. Hal serupa juga dikatakan Maseng Ginting, yang juga Kadus VI Jambur Karet. Pihaknya juga meminta pengaspalan jalan, yang dimulai dari Jamur Karet ke Dusun Bukit Lalang, dengan panjang 2 km.

Hal yang sama juga dikatakan Ganda Saputra, selaku warga Dusun I Desa Pasiran Timur. Ia mengatakan, akses jalan anak sekolah, dimulai jalan perbatasan Desa Air Hitam kedesa ini, sampai ke Desa Padang Langkat, juga dapat di aspal, karena kondisi jalanya sangat rusak.

Johan Wiryawan Bangun Ketua Fraksi Demokrat menanggapi usulan 4 perwakilan masyarakat yang meminta pengaspalan jalan.

“Insyaallah dengan kedatangan kami berdua, usulan semua masyarakat kita tampung, namun diusahakan secara bertahap, sebab, keterbatasan anggaran,” ujar Johan Wiryawan Bangun, serayamengatakan, tentunya juga, aspirasi masyarakat ini sudah ditampung melalui RPJMDes dan Musrenbang di desa ini.

Sementara Romelta Ginting kembali menambahkan, APBD kita kemarin lemah, sehingga kegiatan pembangunan di tahun lalu jadi berkurang, karena penanggulangan bencana Covid 19. Namun kini mulai berlahan membaik atau bertambah.

Saya juga minta tolong ke pak Johan Wiryawan Bangun, untuk menyumbangkan hasil pokir nya untuk membangun kampung saya ini. Namun kesemua itu kembali kepada APBD Kabupaten Langkat.

Saya juga minta tolong, rembugkan kembali, mana yang menjadi skala prioritas pengaspalan jalan di desa ini, yang mana di utamakan dulu, mengingat keterbatasan anggaran.

“Mohon maaf tidak bisa direalisasikan semuanya, namun akan menjadi pemikiran kami kedepannya, dan tidak bisa terealisasi sekaligus, imbuh Romelta Ginting, selaku politisi partai PDIP Langkat.

Menanggapi permintaan masyarakat lainnya, seperti permintaan usulan sounsistim untuk remaja masjid, nanti bisa dibuatkan profosalnya, itu bisa dibagian Kesos. Terkait Jambur, dan perlengkapan lainnya, agar segera dibuat profosalnya. Nanti itu bisa ke Perkim.

Terkait permintaan dua Tembok Penahan Tanah (TPT) juga kita tampung pada hari ini. Untuk yang lainnya, tolong usulkan juga lewat Dana Desa (DD). Terkait untuk toko grosir murah, bisa lewat Bumdes, sebutnya, sembari mengatakan, nanti menjelang Caleg kita bantu soundsistem nya, tambah Romelta Ginting, S.E.

Johan Wiryawan Bangun juga menabahkan kembali, terkait untuk lantai Jambur dan TPT, nanti kita usulkan lewat Perkim. Terkait untuk sarana olahraga, itu aman nanti? Bisa kami urus bersama dengan Bapak Romelta Ginting, tandas Johan Wiryawan Bangun. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button