Jawa Timur

BPN Lumajang Prioritaskan Layanan Secara Online Serta Prioritaskan Layanan Unggulan Pemohon Usia 60 Tahun dan Difabel

BeritaNasional.ID Lumajang – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lumajang terus lakukan inovasi inovasi yang mempermudah pelayanan bagi Masyarakat dalam hal ini di wujudkan oleh Kepala BPN HM Rocky Soenoko S.H.,M.Si dengan meluncurkan progam berbasis elektronik guna memprioritaskan pelayanan dengan progam prioritas akses secara online Sentuh Tanah.

Progam Sentuh Tanah merupakan progam prioritas bagi BPN agar mempermudah pelayanan bagi masyrakat terkait pengurusan sertifikat tanah sehingga masyarakat bisa langsung terlayani dengan cepat.

Rocky panggilan akrab Kepala BPN Kabupaten Lumajang saat di konfirmasi media ini mengatakan sekarang pengurusan sertifikat tanah masih banyak dan standartnya berbeda untuk memenuhinya BPN terus meningkatkan pelayanan di mulai dari sarana dan prasarana serta pihak terus mengawal kinerja petugas BPN sehingga terwujud pelayanan maksimal.

“Pengurusan sertifikat begitu banyak dan stadartnya juga berbeda kita di masa sekarang ini meningkatkan kualitas layanan mulai dari sarana dan prasarana kita tingkatkan, sekarang kita sudah meningkatkan dan terus mengawal budaya kerja teman teman BPN terus memberikan layanan insyaalloh kalau tidak ada perubahan ini sebenarannya sudah terlambat kita mencanangkan di awal 2023.

Progam melalui online menurut Rocky akan di terapkan di bulan Maret, progam online bagi Masyarakat atau pemohon menerima berkas di loket, telah ada aplikasi Sentuh Tanah.   

“Kita sudah sosialisasi ke para kepala desa para PPAT , cuman belum kita pasang itu di kantor bahwa mulai Maret nanti kita betul betul menetapkan pelayanan online jadi Masyarakat nanti pemohon sudah tidak ada lagi nanti yang mengurus sendiri menerima berkas di loket itu sudah tidak ada,  kan kita punya aplikasi Sentuh Tanah”. Ucapnya

Masih Menurut Rocky Pelayanan secara online bukan hal baru di masa pandemi masyarakat sudah di lakukan untuk menghindari kontak langsung dari petugas dengan cara mendaftar lewat gmail.

“Sebenarnya ini bukan hal baru pada saat pandemi covid kemarin kita sudah membenahi untuk menghindari adanya kontak antara pemohon dan petugas, kemarin banyak petugas tumbang dan ada yang meninggal , jadi masyarakat pada saat covid itu mereka sudah mendaftar lewat online lewat gmail  kalau berkas sudah lengkap mereka nganter kesini dalam bok bukan hanya di sini di seluruh Indonesia, artinya sebenarnya masyarakat sudah siap jadi dalam meningkatkan kwalitas itu kita ingin meminimalkan karena masyarakat itu sekarang bisa memohon sendiri dari rumah dari mall bahkan dari tempat tidur itu bisa untuk melengkapi persyaratan tanpa harus ke kantor sebenarnya ini mudah cuman masyarakatnya belum siap terapi kalau menunggu siap saya gak yakin sampai kiamat itu siap kira kira seperti itu”. Tambahnya

Rocky menambahkan guna meningkatkan layanan bagi Masyrakat yang masih belum bisa secara online kantor BPN menyiapkan komputer, Scanner yang akan di bantu oleh petugas, juga layanan di buka satu minggu penuh hari Sabtu dan minggu tetap buka dengan ketentuan pukul 9.00 wib sampai 12.00 wib.

“Nah masyarakat yang tidak bisa sudah di siap tadi apa itu abang tadi lihat itu di kantor ada komputer Scanner ya nah itu petugas akan membantu, Sabtu minggu kita buka juga layanan itu jadi kita buka seminggu penuh ini kalau Sabtu minggu jam 9.00 sampai jam 12.00 itu khusus untuk pemohon langsung nah kita punya layanan unggulan ya itu pak mentri yang menggagas layanan prioritas kalau Sabtu minggu itu namanya pelataran (pelayanan tanah akhir pekan) itu untuk orang orang yang sibuk karena bekerja berdagang pegawai negeri kita siap yang tidak ada waktu monggo datang Sabtu minggu kita buka”.ungkapnya lagi 

Untuk layanan prioritas unggulan BPN Lumajang di katakan Rocky layanan khusus bagi pemohon di usia 60 tahun keatas dan difabel.

“Nah kalau layanan prioritas unggulan disini adalah layanan khusus pemohon 60 tahun ke atas sama yang difabel, nah sekarang ini kita tidak ada loket satu loket dua sekarang tidak ada karena setelah berlakukannya layanan online itu petugas yang akan mendatangi pemohon. Jadi kita balik sekarang pemohon itu adalah raja kita abdi”.paparnya

Rocky menambahkan target tahun 2023 ada 50 ribu sertifikat yang harus di selesaikan hal tersebut terbanyak semenjak tahun 2017. 

“Target di tahun 2023 ini ada 50 ribu dan ini paling terbanyak dari semenjak tahun 2017. Untuk mewujudkan itu semua kita butuh teman teman sahabat dari media ayo kita sama sama membangun lumajang”. Pungkasnya (Rhm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button