DaerahHeadlineNasionalSumateraSUMUTWisata

Djohar Arifin Buka Acara Pelatihan BISA Fest dengan Menggandeng Kemenparekraf ke Langkat

BeritaNasional.ID, Langkat – Prof. Djohar Arifin Husin dari anggota Komisi X DPR RI Partai Gerindra, memberi kata sambutan sekaligus membuka acara BISA Fest, Pesona Kreasi Seni Tradisional Langkat, yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Gedung Pegnasos, Stabat, Kamis (2/3/2023).

Peserta kegiatan dihari dari berbagai kelompok sanggar seni, pemuka adat dan lainnya. Acara juga diisi dengan kegiatan penampilan tari dari berbagai kelompok diantaranya dari Bordah Pantai Gemi (senandung dan musik tradisional), tari tradisi dari Sanggar Perahu Etnic (peragaan pakaian daerah), Sanggar Smansa 1 Stabat (tarian tradisional) Sanggar Trama Stabat (tarian tradisional).

Anggota Komisi X DPR RI Partai Gerindra, Prof. Djohar Arifin Husin mengatakan, pihaknya akan terus berupa memberikan peningkat Sumber Daya Manusia (SDM) bagi masyarakat Kabupaten Langkat. Kegiatan pelatihan seperti ini sudah yang ke 26 kalinya kurun waktu dalam 3 tahun ini.

Daerah kita ini berpotensi berkembang menjadi tujuan destinasi wisata kedepanya. Dan kita harus bisa menerapkan program BISA ini, alahkan eloknya dimata dunia.

Contohnya, kalau ada benda yang jatuh dan didapat ditempat objek wisata, barang itu tidak diambil dimiliki, dan itu harus dikembalikan kepada pemiliknya. Bersih, Indah, Sehat dan Aman itu makna dari “BISA”.

“Kabupaten Langkat memiliki sumber daya manusia yang baik dan menjadi keunggulan dalam mendorong pengembangan destinasi pariwisata. Ini akan berkembang semakin cepat,” sebut Djohar.

Pariwisata membantu percepatan perkembangan perekonomian daerah, karena mampu menggerakan produktifitas daerah lewat pertumbuhan usaha. Kedepanya kuta berharap, di Langkat ini ada tempat khusus wisata tradisional, dan disitu ada terjual makanan-makanan tradisional.

Jadi harapan saya, dengan pelatihan ini, peserta bukan saja mendengarkannya, akan tetapi bisa menerapkannya dilingkungan kita masing-masing, sesuai apa yang disampaikan narasumber nantinya, sebut Djohar.

Diketahui, dalam acara tersebut, narasumber diisi oleh Irfansyah dari praktisi seni.

Sebelumnya, sambutan dari Kemenparekrat/Baparekraf oleh Yudhis Siahaan selaku PIC Strategi Even Daerah, mengatakan sangat mendukung ekonomi kriatif dan produkti serta perkembangan pariwisa yang ada di Kabupaten Langkat, dan terus untuk peningkatan usahanya.

Acara juga diisi dengan tanya jawab antara peserta dan narasumber termasuk pihak Kemenparekrat/Baparekraf.

Beberapa peserta dari sanggar seni mengatakan, pihak mereka bisa di bantu peralatan musik seni, pakaian seni, hingga minta dipasilasi dana pelatihan, agar sanggar seni dapat berlatih lebih baik lagi. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button