DaerahJawa TimurSitubondo

Di Situbondo, Tiga Ekor Kambing Qurban Diduga Terpapar Penyakit Ping A

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM,-Tiga ekor kambing di duga terpapar penyakit Ping A atau sakit mata. Hal itu diketahui ketika petugas Puskeswan Panarukan melakukan pengecekan langsung di kandang ternak milik warga Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Kamis (22/6/2023).

“Kita melakukan pengecekan hewan ternak milik peternak atau pedagang hewan Qurban Hari Raya Idul Adha. Hal ini dilakukan untuk memastikan hewan ternak yang akan di buat qurban sehat, dan tidak terkena penyakit berbahaya seperti, penyakit mulut dan kuku (PMK), serta penyakit lampiskindiskis,” kata Sulistiyani, Petugas Puskeswan Panarukan.

Lebih lanjut, Sulistiyani mengatakan, bahwa ketika dilakukan pengecekan di kandang ternak Al Amin Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, ada beberapa hewan ternak kambing terpapar penyakit Ping A atau sakit mata. “Penyakit mata pada tiga kambing tersebut kita salep dan Insyaallah tiga hari kedepan penyakit mata pada hewan kambing tersebut akan kembali sehat lagi,” ujarnya.

Diketahui, Penyakit Ping A dapat menular dari kambing yang satu ke kambing lainnya. Penyakit Ping A ini harus segera ditangani, dan apabila tidak ditangani dengan cepat penyakit, maka penyakit Ping A itu bisa menular satu sama lain.

“Jadi usahakan kalau berternak itu harus menyiapkan semua kebutuhannya, seperti nutrisi, kondisi, dan situasi kandang itu kita buat senyaman mungkin agar hewan ternak itu tidak mudah terserang penyakit dan pertumbuhan hewan ternak bisa cepat berkembang,” tutur Sulistiyani.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Sulistiyani, namun petugas Puskeswan Panarukan juga mengatakan bahwa, untuk mencegah menyebarnya penyakit Ping A, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo memberikan Desinfektan kepada peternakan.

“Kita memberikan cairan Desinfektan untuk disemprotkan seminggu sekali di sekitar kandang ternak tersebut. Penyemprotan cairan Desinfektan ini bertujuan memutus mata rantai penyakit yang ada di kandang,” pungkas Sulistiyani.

Sementara itu, pemilik ternak kambing Udin menjelaskan bahwa, hewan ternaknya yang sakit mata itu kemungkinan terkena debu. “Mungkin mata kambing tersebut terkena debu, sehingga kambing mengalami penyakit Ping A. “Alhamdulillah tadi kambing milik saya sudah diberi obat salep oleh petugas Puskeswan Panarukan. Saya harap beberapa hari kedepan, penyakit mata pada kambing milik saya bisa sembuh secepatnya,” kata Udin (Her)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button