BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Semarakkan Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Di Kecamatan Bondowoso, Korwil dan K3S Gelar 7 Lomba

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan dan Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Bondowoso menggelar 7 lomba sekaligus.

Ke 7 lomba itu adalah lomba Tartil Al Qur’an, Hadrah, Baca Puisi, Bola Voli Mini, Bola Voli Guru, Pidato Bahasa Madura dan Pramuka (Perjusami). K3S Kecamatan Bondowoso, Herman Iskak, S.Pd., mengatakan, acara tahunan tersebut diikuti oleh sekolah jenjang SD Negeri maupun Swasta se-Kecamatan Bondowoso.

“Even ini diikuti oleh 37 lembaga SD Negeri maupun Swasta, dan akan berlangsung dari hari Selasa (01/08/2023) sampai Sabtu (19/08/2023),” ungkap Herman-sapaannya, kamis, 3/8 2023.

Kepala Sekolah (KS) SDN Kademangan 1 itu menambahkan, bahwa tidak ada pungutan biaya bagi lembaga yang ingin mengikuti lomba. “Gratis, kami tidak memungut biaya sepeserpun bagi yang mau ikut,” tegasnya.

Untuk menjaga sportivitas lomba, pihaknya menggunakan juri dari luar Kecamatan. “Supaya tidak ada ketimpangan dalam penilaian kami memutuskan untuk menggunakan juri dari luar Kecamatan,” imbuhnya.

Sementara itu, ketua panitia, Liwon, S.Pd., menjelaskan, seluruh kegiatan dihandel oleh Korwil dan K3S Kecamatan Bondowoso. “Karena ini acara intern, maka pesertanya hanya khusus untuk siswa SD,” jelas Liwon.

Sebenarnya kemarin saya sempat dapat pertanyaan dari guru MI, apakah siswanya bisa ikut, namun kami tolak karena MI merupakan lembaga dibawah naungan kemenag. Dia menambahkan, selain mendapatkan reward berupa trophy dan sertifikat penghargaan, even ini sekaligus menjadi ajang seleksi jika terdapat lomba serupa di tingkat Kabupaten.

“Lomba ini kan beda dengan olimpiade Nasional seperti FLS2N ataupun O2SN. Jadi pemenang lomba ini akan kami utus untuk mengikuti even Agustusan di tingkat Kabupaten,” tambahnya.

Khusus untuk lomba Pramuka, KS SDN Kotakulon 3 itu mengatakan bahwa penanggungjawab kegiatan bukan dari panitia HUT, namun dari Kwarran. “Kendati demikian, kami sudah menginformasikan pada  panitia HUT,” ucapnya. Selain memeriahkan peringatan HUT RI ke 78, even tersebut juga dilaksanakan untuk menjaring siswa yang berpotensi.

Di tempat yang sama, Korwil Kecamatan Bondowoso, M. Zainul Arifin, M.Pd., mengapresiasi sekaligus mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan insan pendidik Kecamatan Bondowoso.

“Tentu saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena merupakan kegiatan positif yang banyak manfaatnya, salah satunya untuk mengingatkan kita akan perjuangkan para pahlawan,” pungkas Arif. (Zainul Muhaimin)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button