AdvedtorialPemkab SinjaiSinjai

MPLS Mulai Digelar, Ini Harapan Asisten 3 Setdakab Sinjai

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Pj Bupati Sinjai yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Andi Ariany Djalil membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Kabupaten Sinjai tahun ajaran 2024 /2025, secara daring, Senin (15/07/2024).

MPLS yang dilaksanaakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Sinjai ini digelar secara serentak di semua satuan pendidikan baik tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), serta Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sinjai, Irwan Suaib membeberkan MPLS dilaksanakan dengan tujuan agar peserta didik baru bisa mengenali Visi dan Misi Budaya Sekolah, tata tertib, fasilitas, organisasi dan kegiatan Ekstrakurik, serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan persatuan.

“MPLS digelar untuk mempersiapkan siswa baru untuk menghadapi pembelajaran, membangun komunikasi yang baik antara Siswa baru, guru, dan staf sekolah, serta menanamkan nilai-nilai positif pada siswa baru,” pungkasnya.

Irwan menambahkan, waktu pelaksanaan MPLS bervariasi, seperti tingkat PAUD dan SD selama 12 hari dari tanggal 15-27 Juli, sedangkan tingkat SMP selama 3 hari dari tanggal 15-17 Juli 2024 mendatang.

Sementara untuk jumlah peserta didik baru yang mengikuti MPLS di semua satuan pendidikan sembilan kecamatan, kaya Irwan sebanyak 10.045 orang terdiri dari jenjang PAUD 3.453 orang, jenjang SD 3.734 orang, dan jenjang SMP 2.858 orang.

Saat membacakan sambutan tertulis Pj Bupati Sinjai, Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Andi Ariany Djalil menegaskan bahwa Pemkab Sinjai sangat mendukung kegiatan MPLS.

Dia berharap agar semua satuan pendidikan melakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif, sehingga anak-anak dapat merasakan sekolah sebagai tempat belajar yang aman, ramah anak dan nyaman bagi peserta didik.

“Terapkan disiplin positif bagi peserta didik agar dapat mewujudkan lingkungan belajar yang inklusif, berkebhinekaan, dan aman bagi semua. Hindari kegiatan yang mengandung unsur kekerasan fisik, psikis, maupun verbal, dan hindari perilaku perundungan bullying,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Pemkab Sinjai juga menitipkan pesan kepada semua satuan pendidikan untuk mendukung transformasi satuan pendidikan dengan berpihak kepada tumbuh kembang murid. Termasuk mendukung transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“Selamat datang kepada anak-anakku yang baru saja memulai jenjang pendidikan baru. MPLS jenjang PAUD, SD DAN SMP adalah langkah awal yang penting dalam mengenal lingkungan sekolah, pengenalan program, tata kelola, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan budaya yang diterapkan di sekolah,” jelasnya. (ACCA/ADV/BERNAS)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button