AdvedtorialBone Bolango

Targetkan 100 Persen ODF, Ketua FKKS Bone Bolango Siap Bersinergi Dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas

BeritaNasional.ID,Bone Bolango – Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat (FKKS) Bone Bolango, Rakhmatiyah Deu menargetkan capaian Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan di seluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango, yakni 100 persen sebelum penilaian FKKS tahun 2025 mendatang.

Ia pun mengaku siap dan akan bekerja sama serta bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, terutama seluruh Puskesmas di wilayah itu.

”Jadi tugas berat dan tantangan untuk kita semua, bagaimana kita bisa mencapai 100 persen ODF, karena itu target utama dari FKKS Provinsi Gorontalo. Saya berharap kita sama-sama proaktif,”ujar Ketua Forum KKS Bone Bolango, Rakhmatiyah Deu pada kegiatan rapat Forum KKS Bone Bolango tahun 2024, di Hotel Yulia Kota Gorontalo, Senin (22/7/2024).

Pelaksanaan rapat Forum KKS Bone Bolango tersebut, sebelumnya diawali dengan pengukuhan Ketua dan Pengurus Forum KKS Bone Bolango periode 2024-2029 yang dinahkodai Rakhmatiyah Deu. Pengukuhan itu, dilakukan oleh Sekretaris Forum KKS Gorontalo, Nirmala Afriyanti Sahi dan dihadiri langsung Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli.

Lebih lanjut, Rakhmatiyah Deu yang juga Aleg terpilih DPRD Kabupaten Bone Bolango itu, mengatakan siap membadani dan membicarakan apapun kendala yang ditemui oleh jajaran pengurus Forum KKS Bone Bolango di tingkat lapangan terkait dengan upaya pencapaian ODF di wilayah itu.

Mungkin kendala kita di operasional, karena keterbatasan dari instansi terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan. Namun untuk kendala operasional itu, jangan jadikan permasalahan.

Ia mengungkapkan ada atau tidak adanya anggaran dari Dikes, sebagai Ketua Forum KKS dirinya siap memback up dan membadani. Karena menurutnya, untuk menjadikan Bone Bolango sebagai kabupaten sehat adalah target bersama dan buat generasi kedepan juga.

“Jadi saya berharap semuanya semangat, saya suport 100 persen kalau ada kendala operasional bisa hubungi ibu bendahara. Kalau mau ada pergerakan jangan menunggu dari pihak Dinas Kesehatan,”beber Rakhmatiyah.

Ia pun berharap bulan depan sudah selesai pembentukan pengurus di tingkat kecamatan bahkan jika perlu hingga di desa.”Jadi kita bisa fokus untuk target pemenuhan administrasi dan sosialisasi untuk persiapan penilaian FKKS tahun 2025,”urai Rakhmatiyah Deu.

Rakhmatiyah yang juga Aleg terpilih DPRD Bone Bolango ini, berharap seluruh pengurus Forum KKS Bone Bolango agar bersama-sama membangun mindset dan sedikit memaksa dengan regulasi didorong dengan bantuan dari para kepala desa masing-masing agar masyarakatnya bisa merubah kebiasaannya.

”Kita ubah kebiasaan mereka masyarakat kita untuk tidak buang air besar (BAB) sembarangan. Olehnya, setelah pengukuhan dan rapat Forum KKS ini kita harus lebih aktif. Saya berharap kepengurusan kita kali ini bisa membawa warna baru buat Bone Bolango,”harap Rakhmatiyah.

Sementara itu, Ketua Harian Forum KKS Bone Bolango, Abd. Razak Kuku berharap melalui kegiatan rapat Forum KSS itu, setiap peserta dan juga pengurus Forum KKS mendapatkan pemahaman terkait kebijakan KKS. Selain itu, peserta dapat merumuskan rencana program kerja dalam kepengurusan periode 2024-2029.

“Peserta juga diharapkan dapat berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan KKS di tahun 2024 dalam mendukung percepatan ODF di Kabupaten Bone Bolango,”tukas Razak Kuku.

(Tiansi)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button