AdvedtorialPemkab SinjaiSinjai

Meriahkan HUT RI Ke- 79, Disparbud Sinjai Akan Gelar Event ‘Sinjai Culture Carnaval’

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai akan menggelar Event “Sinjai Culture Carnaval” (SCC) Tahun 2024.

Selain dalam rangka pengembangan objek dan tradisi budaya di kabupaten Sinjai, SCC ini sekaligus untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI.

Sesuai jadwal, SSC ini akan digelar pada 11 Agustus 2024 mendatang.

Hal itu terungkap pada rapat yang dilaksanakan oleh Disparbut Sinjai yang pimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Andi Ilham Abubakar, Kamis (25/07/2024) di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai.

Event yang telah masuk kedalam Calender Of Event Pariwisata Sulawesi Selatan ini ditargetkan peserta 83-100 orang. Peserta merupakan perwakilan TK, SD, SMP, SMA sederajat, OPD dan Kecamatan.

Kepala Disparbud Sinjai Tamzil Binawan menjelaskan tema SCC tahun ini adalah Sinjai Berbudaya, Pariwisata Berjaya dengan sub tema Semangat Perjanjian Topekkong.

“Kenapa sub temanya semangat Perjanjian Topekkong karena segala sesuatu yang ada di Perjanjian Topekkong, ada unsur Bugis Makassarnya dan itu situs yang kita punya di Sinjai”ungkapnya

Sementara, Asisten Ekbang Setdakab Andi Ilham Abubakar berharap event ini bukan hanya menjadi perayaan tahunan saja, namun betul-betul menjadi ajang promosi potensi pariwisata Sinjai agar semakin dikenal luas Masyarakat.

“Memasuki tahun kelima pelaksanaan SCC ini harus ada peningkatan, kita berharap event ini dapat masuk menjadi event Nasional karena menjadi salah satu alat untuk memperkenalkan budaya kita dan mengaktifkan pelaksanaan kepariwisataan daerah” harapnya.

Ada enam kategori penilaian dalam SCC nanti diantaranya kategori TK/sederajat se-Kecamatan Sinjai utara, ketegori SD/sederajat se-Kecamatan Sinjai Utara, kategori gugus SMP, kategori SMA, kategori Kecamatan, Organisasi Pemuda, Perguruan Tinggi, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, dan kategori OPD.

Masing-masing kategori akan memperebutkan juara 1, 2, dan 3 termasuk juga the best custom utama, the best makeup utama, dan the best perfomance yel-yel yang dinilai unik, menarik, dan estetik.

Rencananya SCC nanti akan mengambil start di Depan Alun-Alun Sinjai Bersatu dan Finish di Jalan Persatuan Raya Depan Rujab Bupati Sinjai.

Rapat turut dihadiri beberapa Staf Ahli Bupati dan Kepala OPD dan undangan lainnya. (ACCA/ADV/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button