Daerah

Bermaksud Muliakan Pejuang 1945, Pemkab Jember Bongkar Dua Makam ‘Pahlawan’

BeritaNasional.ID, JEMBER JATIM – Bermaksud menghormati pejuang kemerdekaan 1945, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Dinas Sosial membongkar kuburan yang diduga berisi jasad pahlawan, Jumat (27/7/2024). Dua makam tersebut  terletak di bekas bangunan Kantor Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember Jawa Timur.

Kegiatan  pembongkaran dua makam tersebut, juga dihadiri Camat Tanggul, Kades Tanggul Wetan, Koramil, Polsek Tanggul, dan Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (DHC 45) Jember.

Namun setelah dibongkar, tidak ada tanda-tanda bahwa di situ pernah dikuburkan manusia. Sehingga dipastikan bahwa adanya 2 batu nisan pejuang atas nama Soedjono dan Soleman di atas tanah tersebut, bukan kuburan siapapun.

“Sampai sekarang tidak ditemukan tulang atau jasad apapun. Ini menjadi pembuktian bahwa di sini tidak ada makam pahlawan yang dimakamkan di bekas Kantor Kecamatan Tanggul,” ucap Kepala Dinas Sosial  Kabupaten Jember, Akhmad Helmi Luqman kepada para awak media usai pembongkaran makam.

Helmi menambahkan, jika kuburan tersebut memang ada jasad pejuang seperti tertera di batu nisan, pihaknya akan memindahkan jasad dua pejuang itu ke lokasi yang lebih layak, yakni di Taman Makam Pahlawan (TMP).

“Tapi tenyata kosong, tidak ada isinya,” jelas Helmi.

Proses pembongkaran dua makam itu sendiri dimulai pukul 08.00 hingga  pukul 10.00 WIB, yang diawali dengan doa bersama untuk para arwah pahlawan bangsa. Tapi setelah sekitar dua jam petugas menggali kuburan, ternyata isinya kosong.

Petugas hanya menemukan pipa paralon, pondasi bangunan dinding tembok pembatas dan bangunan bekas kantor Kecamatan Tanggul, dan batu-batu saja.

“Tidak temukan tulang, satupun tidak ada, apalagi jasad. Itu menjadi pembuktian bahwa di sini tidak ada makam pahlawan yang dimakamkan di eks Kantor Kecamatan Tanggul,” jelas Helmi.

Pembongkaran dua makam ‘pahlawan’ itu berawal dari viralnya penemuan dua batu nisan masing-masing bertuliskan ‘Pejuang 45, Nama: Soedjono, NRI: 452613, Lahir: 1925, Wafat: 2-4-1947, dan ‘Pejuang 45, Nama: Soleman, NRI: 2614, Lahir: 1926, Wafat: 9-2-1987’, beberapa waktu lalu.

Helmi dan tim lalu mengadakan penelusuran ke pihak-pihak terkait, di antaranya DHC 45 Jember. Hasilnya, memang ada pejuang atas nama Soedjono dan Soleman. Helmi pun menunggu konfirmasi atau laporan dari keluarga dua pejuang tersebut. Namun setelah ditunggu sekitar sebulan dari viralnya dua makam itu, Helmi bernisiatif untuk membongkar dua makam itu guna dipindahkan ke TMP di Jember.

Kendati dua makam itu kosong, namun Helmi menyatakan akan tetap mencari dua makam pejuang itu sampai ketemu.

“kami juga dapat informasi jika untuk lokasi makam (asli) ada di Pemakaman Gembongan, Kecamatan Tanggul. Tapi masih kami dalami informasinya,” pangkas Helmi (AAR/Bernas).

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button