Daerah

Lomba Kolase dan Parade Draumbend Jadi Ajang Pembuka Rangkaian HUT ke-79 RI di Kecamatan Arjasa Jember

Berita Nasional.ID, JEMBER JATIM – Lomba kolase dan parade drumband menjadi kegiatan pembuka dalam perayaan HUT ke-79 RI di Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Jawa Timur, Kamis (1/8/2024). Lomba kolase digelar di pendapa Kecamatan Arjasa, dan diperuntukkan bagi anak-anak TK/PAUD Se-Kecamatan Arjasa.

Siang harinya, ganti parade drumband dan kesenian tradisional ta’butaan yang unjuk kebolehan. Kegiatan ini start di depan Kantor Dinas Lingkungan Hidup, dan finish di Ruang Terbuka Hijau lapangan Arjasa Kabupaten Jember.

Dalam sambutannya, Camat Arjasa, H Achmad Fauzi mengungkapkan, selain dua kegiatan di atas, pihaknya menyajikan puluhan kegiatan dalam rangkaian peringatan HUT ke-79 RI.

Kegiatan-kegiatan tersebut selain dimaksudkan untuk merayakan HUT ke-79 RI juga menghibur sekaligus menggugah masyarakat untuk mengingat perjuangan para pahlawan sehingga Indonesia merdeka.

“Selain itu, kami berharap kegiatan-kegiatan di HUT ke-79 RI ini juga dapat menggerakkan ekonomi masyarakat terutama UMKM dalam rangkaian peringatan kemerdekaan ini,” ujarnya.

Ia mengajak masyarakat untuk tak henti-hentinya mensyukuri nikmat Allah berupa kemerdekaan Indonesia. Sebagai perwujudan rasa syukur itu, Ustadz Fauzi juga mengagendakan kegiatan istighosah, pembacaan surat Yasin, Shalawat, dan sebagainya

“Kita mendoakan mudah-mudahan arwah para pahlawan dan syuhada serta pejuang diterima dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah,” harapnya.

Ustadz Fauzi, sapaan akrabnya, menekankan betapa pentingnya menanamkan rasa cinta tanah air kepada para generasi muda sehingga di dada mereka terpatri kesetiaan dan kecintaan kepada bangsa dan negara.

Oleh karena itu, lanjut Ustadz Fauzi, pihaknya juga menggelar berbagai kegiatan yang bersifat nasionalisme. Di antaranya adalah gerak jalan, upacara pengibaran dan penurunan bendera tanggal 17 Agustus 2024.

“Perayaan kemerdekaan ini adalah momentum untuk menanamkan cinta pada tanah air di hati generasi muda,” urainya.

Momentum peringatan HUT ke-79 RI ini juga untuk menghibur masyarakat melalui kegiatan karnaval, pentas seni budaya, dan lain sebagainya. Hal ini selain untuk menggali kreativitas anak-anak muda, juga untuk memberikan panggung bagi mereka guna menampilkan kemampuannya di bidang kesenian.

“Maka kemudian ada manfaat lain, yaitu bergeraknya ekonomi masyarakat karena event-event itu menyedot banyak penonton, dan di situlah roda ekonom bergerak,” pungkasnya (AAR/Bernas).

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button