DaerahJawa TimurSitubondo

Talks Show Informasi Pasar Kerja Diikuti 160 Pelajar SMK Negeri dan Swasta se Kabupaten Situbondo

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Bersamaan dengan kegiatan Job Fair, Dinas Ketenagakerjaan Situbondo melaksanakan Talks Show Informasi Pasar Kerja (IPK) Online yang dihadiri kurang lebih 160 peserta dari SMK Negeri dan SMK Swasta se Kabupaten Situbondo, Kamis (01/08/2024).

Adapun Narasumber dari kegiatan IPK online ini antara lain dari Pasar Kerja Kemenagker RI, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jawa Timur, toploker.com, Bright Education Indonesia dan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Situbondo.

Keterangan yang disampaikan Ery Sandhy, Kepala Bidang Penempataan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan Situbondo mengatakan, selain melaunching Aplikasi Ayo Bekerja yang digagas oleh Dinas Ketenagakerjaan Situbondo, Disnaker Situbondo juga melaksanakan kegiatan Talks Show Informasi Pasar Kerja (IPK) Online.

“Setelah launcing Aplikasi Ayo Bekerja yang dilaksanakan oleh Bupati Situbondo, Disnaker juga melaksanakan talks show Informasi Pasar Kerja (IPK) secara Online yang dihadiri kurang lebih 160 peserta dari SMK Negeri dan SMK Swasta se Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini melibatkan nara sumber dari dari Pasar Kerja Kemenagker RI, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jawa Timur, toploker.com, Bright Education Indonesia dan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Situbondo,” jelas Ery.

Lebih lanjut, Ery mengatakan, bagi para pencari kerja yang akan mengakses Aplikasi Ayo Bekerja ini harus datang ke Kantor Dinas Ketenagakerjaan untuk mendapatkan WhatsApp Blass agar bisa login ke Aplikasi Ayo Bekerja.

Dengan adanya Aplikasi Ayo Bekerja ini, sambung Ery, diharapkan para pencari kerja, tidak kesulitan untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan ke perusahaan. Setiap hari para pencari kerja akan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan melalui WhatsApp Blass. Setelah itu pencari kerja bisa klik di aplikasi ayo bekerja. Dan diterima oleh HRD perusahaan secara langsung.

Bagi para pencari kerja, kata Ery, jika menggunakan Login Apilikasi Ayo Bekerja, maka dalam satu lamaran, para pencari kerja bisa terhubung dengan beberapa perusahaan dan langsung ditangani oleh Human Resource Development (HRD).

“Lamaran para pencari kerja langsung ditangani oleh HRD perusahaan, sehingga respont cepat dari HRD ini akan menjawab semua lamaran para pencari kerja. Karena Dinas Ketenagakerjaan Situbondo membatasi perusahaan selama 3 bulan untuk menjawab lamaran para pencari kerja, di terima lamarannya atau di tolak lamarannya,” jelas Ery.

Tak hanya itu yang disampaikan Ery, namun dia menjelaskan bahwa, pihaknya mempunyai data di AK 1 dan mempunyai data dari SMK Negeri dan SMK Swasta yang telah di kirim ke Dinas Ketenagakerjaan Situbondo. “Data yang sudah masuk ke kami sebanyak seribu lima ratus sebelas data pencari kerja,” tuturnya.

Ery menambahkan, data seribu lima ratus sebelas itu terdiri dari alumni SMKN dan SMK Swasta serta pencari kerja yang sudah datang sendiri ke Dinas Ketenagakerjaan Situbondo dan sudah terekam di data AK 1 (dulu kartu kuning, red). “Data tersebut akan kami informasikan melalui Aplikasi Ayo Bekerja ini melalui WhatsApp Blass. Dari WhatsApp Blass para pencari kerja bisa langsung terhubung dengan Aplikasi Ayo Bekerja,” tuturnya.

Untuk mendapatkan WhatsApp Blass, imbuh Ery, para pencari kerja bisa datang langsung ke Kantor Dinas Ketenagakerjaan Situbondo di Jalan PB Sudirman, Karangasem, Situbondo. “Silahkan datang ke Kantor Dinas Ketenagakerjaan Situbondo untuk mendapat login Ayo Bekerja,” pungkas Ery Sandhy, Kepala Bidang Penempataan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan Situbondo. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button