Artikel/Opini

Ismet Mile, Mantan Bupati yang Tak Terlupakan

BeritaNasional.ID – Perhelatan Pilkada Kabupaten Bone Bolango akan segera memasuki masa pendaftaran calon. Sejumlah nama calon Bupati pun mulai bermunculan dalam pemberitaan di berbagai media dan menjadi perbincangan publik. Salah satunya mantan Bupati Bone Bolango, Ismet Mile.

Bicara tentang Ismet Mile, tentu publik akan teringat dengan sosok yang telah menciptakan perubahan besar bagi rakyat dan daerah Kabupaten Bone Bolango.

Pasalnya, sebagai tokoh pemekaran Kabupaten Bone Bolango yang kemudian diangkat sebagai Penjabat Bupati Bone Bolango oleh Mendagri pada tahun 2003 lalu terpilih menjadi Bupati periode 2005 – 2010, Ismet Mile diyakini sebagai pemimpin yang sangat berjasa bagi perubahan besar bagi rakyat dan daerah Kabupaten Bone Bolango. Diantaranya adalah peningkatan ekonomi dan percepatan pelayanan publik yang merupakan salah satu alasan dilakukannya pemekaran wilayah.

Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya pemekaran desa dan kecamatan diseluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango yang pada awalnya hanya terdiri dari 4 kecamatan dan 63 desa/kelurahan menjadi 18 kecamatan dan 165 desa/kelurahan.

Bagi Ismet Mile, salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi rakyat dan percepatan pelayanan publik merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh rakyat di Kabupaten Bone Bolango saat itu.

Buktinya, setelah sukses dengan pemekaran wilayah, Ismet Mile selanjutnya meluncurkan program sapi untuk semua. Bagi Ismet Mile, sapi yang dikemas dalam bentuk bantuan bergulir ini diyakini akan menjadi modal rakyat di Kabupaten Bone Bolango. Hal inipun terbukti banyak dari keluarga miskin penerima bantuan sapi ini merasa terbantu secara ekonomi. Bahkan banyak dari mereka yang berhasil menyekolahkan anak-anak mereka hingga ke tingkat perguruan tinggi.

Demikian pula, keberhasilan Ismet Mile dalam pemekaran desa dan kecamatan di Kabupaten Bone Bolango tidak hanya memberikan manfaat yang besar bagi rakyatnya, namun lebih daripada itu Ismet Mile telah mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi para lulusan SMA dan Sarjana yang masih menganggur. Banyak dari mereka menjadi aparat desa hingga diangkat menjadi pegawai honorer bahkan ASN di lingkungan Pemerintah desa/kelurahan dan kecamatan.

Perjuangan Ismet Mile dalam meningkatkan ekonomi rakyat serta mempercepat pelayanan publik ini juga diyakini menjadi salah satu hal yang menyebabkan angka kemiskinan di Kabupaten Bone Bolango dari 30,23 persen turun menjadi 17,64 persen di akhir masa jabatannya pada tahun 2005.

Beragam prestasi Ismet Mile selama memimpin Kabupaten Bone Bolango inilah yang membuat rakyat tidak bisa melupakan namanya. Bukan hanya para orang tua, bahkan anak – anak pun sangat kenal dan hapal dengan nama bahkan lagu Si Gembala Sapi yang sering dinyanyikan Ismet Mile di setiap kunjungan kerjanya ke tiap desa di Kabupaten Bone Bolango. Maka tak berlebihan jika Ismet Mile disebut sebagai mantan Bupati yang tak terlupakan.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button