SumateraSumatera Utara

Dinas Kominfo Kabupaten Karo Punya Inovasi Podcast “Orati”

BeritaNasional.ID, KABANJAHE SUMUT – Dalam upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat dan memberikan wadah untuk berbagi informasi, Dinas Kominfo Kabupaten Karo memiliki inovasi yaitu Podcast Orati (Obrolan Santai Kominfo).

Adapun yang melatarbelakangi inovasi ini sejak tahun 2020 Indonesia sedang dilanda pandemi covid-19. Hal tersebut berdampak ke segala sektor salah satunya sektor ekonomi. Hal ini dirasakan secara signifikan oleh para pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM yang mengalami krisis ekonomi.

“Pasalnya akibat pandemi covid-19 terjadi penurunan daya beli masyarakat yang tentunya sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM. Krisis ekonomi yang dialami UMKM tanpa disadari dapat menjadi ancaman bagi perekonomian nasional,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karo Frans Leonardo Surbakti,S.STP.

Tercatat beberapa masalah terkait kondisi ekonomi yang dialami masyarakat khususnya pelaku usaha di Kabupaten Karo yaitu tidak adanya wadah bagi masyarakat Kabupaten Karo untuk menyalurkan kreativitas dan aspirasi. Kurangnya sarana promosi untuk segala bentuk aktivitas masyarakat Kabupaten Karo. Kurang tereksplorenya Usaha Mikro Kecil Menengah di wilayah kabupaten Karo.

Terobosan baru diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan pemanfaatan media digital dalam penyampaian informasi melalui smartphone khususnya menggunakan media Instagram dan YouTube sehingga memudahkan penyebarluasan informasi kepada masyarakat khususnya di wilayah kabupaten Karo.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Karo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karo membuat sebuah wadah berupa Podcast bernama ORATI (Obrolan Santai Kominfo) yang berfungsi untuk menyalurkan kreativitas dan aspirasi masyarakat Kabupaten Karo dengan mengemasnya dalam bentuk obrolan santai serta menyebar luaskan informasi tersebut ke khalayak ramai.

Adapun tujuannya meningkatkan pengetahuan dan perekonomian masyarakat melalui penyebarluasan informasi terutama bagi para pelaku UMKM yang mengalami krisis di tengah pandemi covid-19

Kemudian tujuan khususnya tersampaikannya seluruh informasi di wilayah kabupaten Karo secara fleksibel.

Terekplorenya seluruh usaha kecil dan menengah di wilayah kabupaten Karo yang saat ini masih kekurangan promosi dan belum diketahui banyak orang.

Meningkatkan daya beli masyarakat terhadap produk UMKM Kabupaten Karo. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat terkait program kerja pemerintah Kabupaten Karo.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karo Frans Leonardo Surbakti,S.STP mengatakan adapun manfaatnya memudahkan interaksi dengan masyarakat Kabupaten Karo secara online membantu menjangkau semua pihak terutama pengguna smartphone. Memperluas jaringan dengan adanya Digital marketing. Menghemat biaya promosi bagi para pelaku UMKM di wilayah kabupaten Karo. Kemudian tersosialisasikannya program kerja pemerintah Kabupaten Karo,” katanya. (Kiel/Bernas)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button