Daerah

Antisipasi Dini Covid 19, RDP DPRD Polman : Pemerintah Harus Siapkan Posko Pengaduan

Polman.Sulbar .Beritanasional.id–DPRD Kab Polman menggelar Rapat Dengar Pendapat ( RDP) sebagai tindak lanjut pelaksanaan Sidak yang telah dilakukan terkait kesiapan RSUD dalam kesiapan RSUD mengantisipasi dini penyebaran COVID 19 . Kamis 19 Maret.

Rapat Dengar Pendapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Polman Jufri Mahmud didampingi Wakil Ketua DPRD Polman Amiruddin , bersama Ilham anggota Komisi IV , Agus Pranoto ketua Komisi IV , Rudi Komisi III serta anggota DPRD Lainnya dengan menghadirkan Kabag Keuangan Mukim Tohir , KTU RSUD Polman dr Bustaman , Kadis Kesehatan Suaib Nawawi Kepala Farmasi Polman Wahida Mandawari. Berlangsung di ruang Komisi IV DPRD Polman.

Rapat Dengar Pendapat berlangsung Alot, tanggapan DPRD Polman dalam pelaksanaan RDP tersebut meminta agar Pemerintah dapat sigap dan tanggap menghadapi bencana virus Corona , dengan segera membenahi sarana dan prasarana fasilitas yang berhubungan dengan pencegahan segera dibenahi. termasuk mendirikan posko-posko pengaduan dibeberapa titik di kab Polman agar masyarakat bisa mendapatkan informasi terkait Corona dan memeriksakan suhu tubuh .Tegas Ketua DPRD Polman Jufri Mahmud.

“kemarin saya turun kelapangan dan melihat kesiapan pemerintah dalam hal antisipasi Dinas Kesehatan dan rumah sakit penyebaran Korona masih kurang, untuk itu dalam RDP kita minta agar sarana-prasana dibenahi dan koordinasi kebawah ditingkatkan , termasuk Call Centre yang dinilai kurang efektif ,”ujar Ketua DPRD Polman Jufri Mahmud.

Lanjutnya, kordinasi mulai dari Dinkes ke tingkat puskesmas untuk memastikan jumlah data pasti yang terjangkit atau tidak dan call centernya benar-benar diaktifkan.

Kepala Dinkes Polman Suaib Nawawi dalam penyampaian tindak lanjut dari RDP tersebut Dinkes akan mendirikan posko informasi dan pemeriksaan suhu tubuh masyarakat, “kita akan buat beberapa posko yakni di Tinambung, Wonomulyo, di depan kantor Bupati, Depan Kantor DPRD Terminal lama dan di Paku,” Jelas Suaib Nawawi.

Lanjut Suaib menyampaikan, beberapa upaya pencegahan jauh sebelumnya sudah dilakukan oleh Pemkab Polman yakni dengan mengeluarkan kebijakan siswa belajar dirumah dan melakukan pemeriksaan bagi tujuh mahasiswa dari Wuhan.

Dalam RDP tersebut Wakil Ketua DPRD Polman Amiruddin meminta Rumah Sakit segera melengkapi sarana dan prasana seperti Handsanitizer dan Masker di Rumah Sakit, “kami minta wadah handsanitizer di isi dan mengadakan Masker untuk diberikan kepada pengunjung karena ini sangat penting bukan hanya pencegahan Corona tapi untuk penyebaran virus lainnya.” Jelas Amir

Sementara Kasubag TU RSUD Polewali dr. Mustaman menagatakan, siap memenuhi apa yang menjadi temuan dari anggota DPRD Polman, “kita akan lakukan pengadaan handsanitizer yang sudah habis dan kondisi saat ini barangnya langka namun kami tetap berupaya mencari.” jelasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button