Jawa Tengah

Pemkab Malang Akan Buat Bendungan Air di Kecamatan Jabung

BeritaNasional.ID, Malang – Pemerintah Kabupaten Malang Melalui Perumda Tirta Kanjuruhan setelah gencar melakukan sosialisasi pembangunan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) di Sungai Lesti Bantur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang juga berencana membangun saluran Dam atau bendungan air baru di Kecamatan Jabung.

Menurut Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi, pembangunan SPAM dan saluran Dam air tersebut, bertujuan untuk mengentaskan kekeringan di wilayah Kabupaten Malang.

”Perlu saya terangkan bahwah selain pembangunan SPAM di Kecamatan Bantur, kami juga sudah mengusulkan perencanaan pembangunan Dam di Kecamatan Jabung ke pemerintah pusat,” terang Syamsul pada Rabu (12/11/2020).

Untuk pembangunan SPAM di Kecamatan Bantur telah difokuskan mengantisipasi kekeringan di Malang Selatan seperti di Kecamatan Bantur, Pagak, Donomulyo, Sumbermanjing Wetan, Gedangan, dan Kalipare.

Untuk di Jabung kali ini yaitu pembangunan Dam yang rencananya dibangun di Dam Pandansari, Kecamatan Jabung tersebut berfungsi juga bisa membantu pasokan air di beberapa wilayah Kabupaten Malang. Seperti misalnya di wilayah bagian Utara.

”Dalam hal ini kami sudah lakukan survei di Dam Pandansari, sudah ada analisa teknis. Kalau pembangunan itu terealisasi, kemungkinan air yang dihasilkan tidak hanya untuk wilayah Kecamatan Jabung saja. Tapi juga bisa untuk bantu tambahan pasokan air di (Kecamatan) Pakis dan Singosari,” terang Syamsul dengan senyum.

”Langkah kami yaitu sudah ada perencanaan, namun menunggu petunjuk dari Bupati Malang dan arahannya yaitu yang didahulukan adalah pembangunan SPAM di Bantur. Soalnya wilayah Malang Selatan memang rawan terjadi kekeringan serta sangat membutuhkan air,” ungkap Syamsul.

Sekedar info, dari perencanaan itu telah diperkirakan Dam Pandansari bisa menghasilkan kapasitas hingga 240 liter per detik. Sedangkan kalau debit sungai di sana, ada seribu liter. (Hamzah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button