DaerahEks Keresidenan Madiun

HPN 2021, IJM Gelar Tasyakuran dan Talk Show

Beritanasional.ID, Magetan – Dalam rangka peringati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021, Ikatan Jurnalis Magetan (IJM) menggelar Talk Show / Dialog Interaktif secara online dengan mengusung  tema “Peran Jurnalis Dalam Mendukung Kebijakan Pemerintah”, yang berlangsung  di Sendang Bening Kolaam Renang Resto dan Cafe  Kelurahan  Kawedanan, Selasa (09/02/2021).

Tasyakuran dan Talk Show yang digelar oleh IJM ini dihadiri oleh Bupati Magetan, Ketua DPRD Kabupaten Magetan, PLT Kepala Dinas Kominfo Magetan, Kepala Disparbud Magetan, Forkopimca Kawedenan serta segenap pengurus dan anggota Ikatan Jurnalis Magetan dengan menghadirkan narasumber dari Eksekutif, Legislatif, Praktisi Jurnalis dan dewan kode etik Ikatan Jurnalis Magetan (IJM).

Tasyakuran dan Talk Show  ini merupakan puncak dari kegiatan  memperingati hari Pers Nasioanl 2021, sebelumnya IJM telah  melakukan berbagai kegiatan, yang salah satunya bakti sosial pemberian paket sembako kepada warga dan masyarakat yang notabene masih kesulitan dalam hal ekonomi serta kepada warga dan masyarakat menjalani isolasi mandiri karena terpapar covid-19.

Bupati Magetan Dr.Drs.H. Suprawoto SH.M,si menyampaikan pentingnya peranan dan eksistensi pers sebagai alat perjuangan dan alat kontrol sosial. Profesi jurnalis sebagi profesi yang mulia ketika media mampu profesional. Silahkan media mengontrol jalannya pemerintahan agar kita bisa saling melengkapi dalam proses membangun Magetan menjadi lebih baik.

Bupati Suprawoto mengajak agar media massa ikut berjuang melawan covid-19 dengan menyajikan informasi yang berimbang dan benar yang akhirnya menjadi rujukan informasi ketika ada berita simpang siur ditengah masyarakat.

“Pers atau jurnalistik ini memang penting dalam membantu pemerintah, karena pers ini berperan sangat penting bagi pemerintah sebagai mana penyedia jasa ataupun karyanya untuk memberikan informasi kepada masyarakat.”ungkapnya.

Mengakhiri sambutanya Buapti Suprawoto memberi apresiasi kepada IJM dengan memberikan kado berupa tiga buah buku yang merupakan hasil karya tulisnya, dan sebaliknya IJM juga memberikan cinderamata kepada Bupati Magetan, Diskominfo, dan ketua DPRD Magetan

Dikesempatan yang sama Plt. Diskominfo Magetan Yuli Iswahyudi  menambahkan pers memiliki fungsi ikut mencerdaskan bangsa, pers juga menjadi kekuatan didalamnya. Pada pemerintahan meluruskan yang berpotensi melenceng, mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dan dapat membangun opini publik. Pers dapat mendorong kecepatan pembangunan daerah melalui pemberitaan, baik itu media cetak maupun elektronik.

Sementara ketua IJM Sunaryo menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah ikut berpartisipasi dan bekerja sama dalam semua hal untuk mendukung kinerja insan pers di magetan terlebih di tengah pandemi ini.

” Terima kasih kepada Bupati Magetan dan semua pihak pemerintah daerah, karena selama ini sudah sedikit banyak memperhatikan kami, mudah-mudahan di Hari Pers Nasional ini Pers yang tergabung dalam IJM bisa harus berpartisipasi aktif dalam menyebarkan pesan positif kepada masyarakat dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19” pungkasnya

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button