ACEHDaerahRagam

Aceh Besar Lakukan Vaksinasi Sinovac Perdana, Bupati Tak Lulus Diskrining

BeritaNasional.Id, Aceh Besar– Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali meluncurkan penyuntikan perdana vaksin sinovac di RSUD Aceh Besar di Indrapuri, Jumat (15/1/2021) pagi.

Hadir pada kesempatan itu, Forkopimda Aceh Besar, Kadiskes Aceh, dr Hanif, kepala OPD, camat, dan tenaga kesehatan.

Para pejabat tersebut terlebih dahulu diskrining oleh dokter dan akhirnya yang menjadi orang pertama divaksin sinovac adalah dr Rosa Andriani SST yang juga kepala puskesmas Darul Imarah.

Sementara, Bupati Mawardi Ali dan beberapa pejabat lainnya tak lulus skrining karena faktor kesehatan. Di awal peluncuran, dari 16 pejabat yang ikut skrining, hanya 12 orang yang bisa divaksin Sinovac, sedangkan 4 orang lainnya gagal karena tidak memenuhi syarat kesehatan.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Besar mengatakan, vaksin Sinovac sangat penting di tengah kondisi pandemi.

“Kita akan terus melakukan sosialisasi. Yang penting utamakan protkes,” katanya.

Lebih lanjut, kata Bupati Mawardi, vaksinasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengobati dan memutuskan mata rantai Covid-19 di tengah masyarakat.

“Vaksin Sinovac sudah diluncurkan di seluruh Indonesia. Di Aceh Besar sudah 5080 dosis yang sudah masuk. Tentu vaksin ini sudah melalui proses uji laboratorium yang cukup ketat,” ujar Bupati Mawardi Ali.

Selain itu, sambung Bupati, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah memfatwakan bahwa vaksin Sinovac adalah halal digunakan. Untuk itu, dia berharap agar masyarakat tidak perlu takut divaksin.

“Dengan vaksinasi ini, kita berharap dapat memberi dampak yang lebih baik dalam penanganan Covid-19,” paparnya.

Mawardi Ali mengakui, vaksin tersebut ditanggapi beragam oleh masyarakat, bahkan banyak informasi hoak yang beredar di media sosial. Namun, katanya, pemerintah telah memikirkan bahwa vaksin itu untuk menyelamatkan rakyat dari Covid-19.

“Ada pendapat yang tidak benar, viral di medsos. Oleh karena itu kita berharap semua perangkat pemerintah, media terus kita sosialisasikan ini,” demikian pesannya. (Alan)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button