ACEH

Aceh Utara Peroleh Tambahan DD Rp 18 M, Pj Bupati Perioritaskan untuk Penurunan Stunting

BeritaNasional.ID | Aceh Utara, Aceh – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara memperoleh penambahan Pagu Anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2023 ini sebesar Rp.18,8 Milyar. Penambahan tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 98/PMK.07/2023 tahun 2023 tentang perubahan atas PMK 201/PMK.07/2022, tanggal 22 September 2023, tentang pengelolaan dana Desa, bahwa Kabupaten Aceh Utara memperoleh pagu Anggaran DD tambahan sebesar Rp.18.851.616.000, yang diperuntukkan kepada 162 gampong dan 20 Kecamatan dari 27 Kecamatan yang ada kabupaten tersebut.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Aceh Utara, Dr Drs Mahyuzar, M.Si melalui Kadis DPM-PPKB Aceh Utara, Fakhruradhi, SH, MH, kepada media ini, Sabtu 30 September 2023. Menurutnya dengan adanya penambahan Dana Desa dimaksud, sehingga total jumlah DD untuk Kabupaten Aceh Utara tahun 2023 menjadi Rp.639,4.M, sedangkan sebelum penambahan adalah sebesar Rp.620,5.M.

Lebih lanjut dikatakan bahwa besaran Pagu DD Tambahan dimaksud setiap gampong akan memperoleh sebesar Rp.116 juta, dan untuk tahun ini Aceh Utara hanya mendapatkan bagi 162 gampong, atau sesuai hasil perhitungan berdasarkan PMK yaitu 19.% dari jumlah desa yang ada di Aceh Utara.

Menurut Fakhruradhi, Gampong-Gampong penerima tambahan DD tersebut adalah sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan PMK, yaitu diantaranya berupa penetapan dan penyampaian APBG 2023 secara tepat waktu, kinerja penyaluran DD Tahun 2022 dan persentase realisasi pembayaran BLT tahun 2022 terhadap kewajiban penganggaran.

Selain itu, juga kinerja penyampaian laporan daftar transaksi harian, dan rekap transaksi harian setiap bulan TA 2023, kinerja penyampaian laporan realisasi APBG setiap bulan TA 2023, dan laporan Konsolidasi realisasi APBG TA 2022 yang disampaikan ke Kemendagri oleh DPMG.

Fakhruradhi juga menyebutkan dari 20 Kecamatan di wilayahnya yg memperoleh DD tambahan dimaksud, diantaranya adalah Kecamatan Tanah Luas  42 Gampong, Matangkuli 21 Gampong, Seunuddon 19 Gampong, Samudera 9, Tanah Jambo Aye 9, Paya Bakong 8, Geureudong Pase 7, Baktiya 7, Langkahan 6, dan sejumlah Kecamatan lainnya ada 5, 4 dan malah ada yang hanya satu gampong saja.

Sedangkan sistem pencarian DD Tambahan ini secara umum tetap mengacu kepada PMK yang sudah ada, yaitu melalui APBDes perubahan, namun secara teknis kita sedang menunggu petunjuk lebih lanjut, sebut Fakhruradhi.

Perioritaskan Stunting

Walaupun Petunjuk Teknis (Juknis) atau mekanisme secara lebih rinci belum turun, namun bagi Desa yang memperoleh DD tambahan tersebut sudah dapat memformulasikan alokasi anggaran tambahan dimaksud dalam Rancangan APBDes nya.

Dan sesuai arahan Pj.Bupati Mahyuzar sebelumnya, kata Fakhruradhi agar Dana Desa dimaksud harus diprioritaskan kepada kegiatan untuk percepatan penurunan Stunting, dukungan ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Oleh sebab itu kami meminta kepada semua Geuchik agar dapat benar-benar memperhatikan ketiga hal ini dalam menyusun  RAPBDes-Perubahan nantinya, baik yang mendapatkan Tambahan DD maupun yang belum mendapatkannya, pungkas Fakhruradhi. (*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button