DaerahHukum & KriminalInternationalJawa BaratMegapolitanNasionalOpiniPendidikanPolitikRagamSoppengSulawesi

Ada Yang Aneh Proyek di Buton Tengah, Mungkinkah Lokasinya Sengaja Dipindahkan?

BERITANASIONAL.ID, BUTON TENGAH – Proyek penataan sarana prasana permukiman di Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) diduga aneh. Pasalnya proyek yang dikerjakan oleh CV Putra Jentak tersebut berada area/sekitar rumah jabatan (Rujab) Camat Mawasangka.

Sementara informasi yang diperoleh media melalui laman LPSE Provinsi Sultra menyebutkan bahwa pekerjaan yang memiliki kode RUP 29677477 tersebut diperuntukan buat penataan kawasan pemukiman kumuh yang ada di Buton Tengah (Buteng).

Proyek yang menelan anggaran Rp 882.967.500 berasal dari APBD Provinsi tentu menarik perhatian sebagian warga Mawasangka.

Pada Minggu (03/10/2021) awak media ini kemudian mengkonfirmasi pada salah satu pekerja disana. Dalam kesempatan itu awak media ingin mengkonfirmasi kegiatan yang sedang berlangsung dengan menemui kontraktor pekerjaan.

Namun, salah satu pekerja mengatakan bahwa kontraktor sedang tidak ada ditempat. Pekerja hanya mengarahkan awak media untuk bertemu langsung pengawas pekerjaan yang tinggal disalah satu warga.

“Kalau kontraktornya tidak ada di tempat. Tapi kalau pengawasnya ada, biar gampang datang saja kerumah salah satu keluarganya di lingkungan pasar baru karena dia tinggal disana,” ucap salah satu pekerja tersebut.

Saat hendak menemui pengawas pekerjaan seperti yang disampaikan dilokasi, rupanya pengawas tersebut telah pindah dan tinggal di lingkungan Karya suka.

Akibat sulit menemui pengawas, awak media memutuskan langsung menghubungi kepala dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Sultra, Dr Fahri.

Saat dikonfirmasi melalui Pesan WhatsAppnya, Fahri yang sedang berada di Papua membenarkan kalau ada proyek penataan sarana prasarana pemukiman di Buteng yang menggunakan APBD Provinsi.

Namun dirinya membatah kalau pekerjaan yang berada di Buton Tengah (Buteng) untuk rumah jabatan Camat.

“Tidak ada pekerjaan yang diperuntukan untuk rumah camat (rujab).Kami bekerja sesuai dengan grand design,” tulis Dr Fahri melalui pesan WhaysAppnya, Selasa (05/10/2021) malam.

Pekerjaan yang dilakukan oleh Cipta Karya di Kabupaten Buton Tengah terdiri atas beberapa macam pekerjaan.

Untuk tahap 1 (satu) yang telah dikerjakan, lanjutnya, yaitu revitalisasi kawasan tanjung buaya dan pintu gerbang batas Kabupaten.

Namun untuk tahun 2021, Cipta karya Provinsi tidak pernah menganggarkan kegiatan untuk rujab Camat.

“Iya pak, bukan untuk rujab. Untuk kawasan Buteng ada beberapa lokasi kegiatan yang merupakan satu grand design untuk Buteng,” tambahnya.

“Makanya judulnya itu kegiatan pekerjaan penataan sarana prasarana permukiman Kab Buteng. Kebetulan lokasinya di Mawasangka pak,” sambungnya.

Mempertegas kembali bahwa pekerjaan penataan sarana prasaran untuk pemukiman bukan berlokasi di rujab Camat Mawasangka, awak media ini kembali menanyakan lokasi pekerjaan yang sebenarnya.

“Tidak ada pekerjaan di rujab camat,” singkatnya.

Memastikan pekerjaannya tepat sasaran, Fahri berjanji dalam waktu dekat akan menerjunkan beberapa orangnya untuk memastikan lokasi pekerjaan.

“Besok anggota saya akan cek lokasi. Tidak boleh ada pekerjaan untuk rumah Camat (rujab). Kalau tidak benar lokasinya maka akan dibongkar dan tidak akan dibayarkan,” tandasnya.

Pada kamis (07/10/2021) siang, rombongan yang dijanjikan kadis Cipta Karya tiba di rujab Camat Mawasangka.

Papan Proyek Pekerjaan, Foto : Arwin
Papan Proyek Pekerjaan, Foto : Arwin

Saat hendak dikonfirmasi apakah sudah tepat pekerjaan yang dilakukan, salah satu rombongan enggan berkomentar.

Tak lama kemudian, bupati Buteng, Samahuddin yang langsung memberikan klarifikasi pekerjaan. Menurutnya pekerjaan penataan dirujab Camat Mawasangka tidak ada masalah.

“Supaya tidak bertanya tanya, dijelaskan. Inikan penataan sarana prasarana pemukiman yang menyangkut masalah umum. Jadi dimana saja bisa masuk pekerjaan ini (termaksud rujab),” kata Samahuddin.

Saat ditanya mengapa pekerjaan penataan sarana prasarana pemukiman ada di rujab Camat Mawasangka, Ia berkilah kalau rujab camat akan dibongkar dan dipindahkan berdekatan dengan kantor Camat.

“Ini tidak perlu lagi dipersoalkan ya karena nanti bangunan ini (rujab) akan dibongkar dan dipindahkan. Jadi rujab yang sekarang yang di tata tersebut pas penempatannya,” kunc

Dari pantauan awak media BERITANASIONAL.ID, saat ini pekerjaan penataan sarana prasarana pemukiman yang berlokasi di rujab Camat Mawasangka sementara berlansung.

Pemasangan paving blok serta pembuatan pagar untuk rujab terus dikebut (Win).

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button