Ragam

Adu Balap Ojek Gabah

image_pdf

BeritaNasional.ID – Lutim : Baru-baru ini di Kabupaten Luwu Timur (Lutim) digelar adu balap motor. Namun tidak seperti biasanya balapan motor yang digelar di Desa Lestari, Kecamatan Tomoni, Sabtu (15/12/2018) kali ini tidak dilakukan di arena balap jalan beraspal, melainkan digelar di areal persawahan.

Memang terasa asing, karena balap motor ini bukanlah balap motor cross, melainkan balapan menggunakan sepeda motor mirip motor trail yang biasa digunakan untuk mengangkut padi (gabah) usai panen atau biasa disebut ojek gabah.

Peserta balap motor ojek gabah ini ramai karena diikuti puluhan peserta, selain itu para pembalap ojek gabah ini juga mengenakan kostum ala pembalap motor cross yang biasa kita lihat di setiap arena balap resmi.
Riuh dan hiruk pikul para penonton menambah suasana balapan dilintasan area persawahan, semakin menambah kemeriahan, sebab mereka para peserta berjumlah puluhan ojek gabah itu beradu kemampuan mengikuti lomba grasstrack, dan saling menyalip.

Kegiatan adu balap ojek gabah ini dibuka Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, didampingi Kepala Desa Lestari, Nahman dan Kabag Humas dan Protokol, Alimuddin Bachtiar. Layaknya pembalap profesional yang berada di lintasan, para ojek gabah ini juga saling salip menyalip dalam lomba ini, apalagi dengan kondisi medan yang berlumpur membuat para peserta juga terlihat kesulitan menaklukkan lintasan sirkuit. Bahkan sesekali ada juga peserta yang kerap kali terjatuh. Penonton yang hadir pun juga tampak memberikan support kepada jagoan mereka masing-masing.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Lutim, Adu balap ojek gabah ini baru pertama digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Desa Lestari ke-28. Selain itu, juga bentuk hiburan dan syukuran warga usai panen yang melimpah dan persiapan kembali untuk memasuki musim tanam.

Balap Motor Ojek gabah ini, turut disaksikan Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, yang juga berkesempatan membuka adu balap ojek gabah ini, yang juga disaksikan Kepala Desa Lestari, Nahman dan Kabag Humas dan Protokol, Alimuddin Bachtiar.

“Saya terhibur ya. Masyarakat yang menonton juga terlihat antusias,” kata Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler seperti dikutip dilaman Pemkab.go.id
Bupati HM. Thorig Husler berharap agar adu balap ojek gabah ini bisa terus dilestarikan dan diperlombakan. (hms/ikp/kominfo/bang soel)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close