NasionalRagam

Ageng Kiwi Terpilih Sebagai Ketua DPW Badan Budaya Partai Nasdem Jawa Tengah, Inilah Programnya

BeritaNasional.ID, JAKARTA – Setelah terpilih sebagai Ketua DPW Badan Budaya Partai NasDem Jawa Tengah periode 2022/2024, seniman sekaligus budayawan muda Ageng Kiwi menegaskan bahwa kebudayaan harus menjadi nafas bagi kelangsungan hidup bangsa.

Tidak hanya itu, Ageng Kiwi juga menyatakan bahwa kebudayaan menjadi darah kepribadian, mentalitas, serta nilai kebangsaan anak-anak Indonesia di masa mendatang.

“Kita harus bisa memastikan agar kebudayaan Indonesia menjadi sumber kekuatan, sumber persatuan, dan sumber energi bangsa Indonesia” ujar Ageng Kiwi

Sebagai negara yang memiliki keberagaman budaya, menurutnya Indonesia memiliki potensi besar dalam mempengaruhi peradaban dunia, bukan malah tergeser oleh budaya asing yang belum tentu cocok dengan jatidiri bangsa Indonesia.

“Budaya tidak dipahami semata-
mata sebagai kumpulan pengetahuan, keyakinan, seni, moral, hukum, kebiasaan, dan
berbagai kemampuan serta kebiasaan lain, namun sebagai seperangkat teknik pemecahan
masalah yang diwariskan untuk kebudayaan, ” ucapnya.

Iapun menegaskan, bahwa aktivitas politik membutuhkan partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, akan jauh lebih efektif apabila seni dan budaya diberdayakan.

“Pendekatan budaya menjadi hal penting dalam melakukan diplomasi. Oleh karena itu, kita
mengenal diplomasi budaya” ujar pria yang kerap tampil di stasiun televisi swasta itu.

Ageng Kiwi berjanji akan merangkul semua elemen dan para penggiat seni budaya yang ada di wilayah Jawa Tengah. Ia juga menyiapkan berbagai agenda yang diharapkan mampu
mengakomodir potensial daerah dan kearifan lokal (local wisdom).

“Eksistensi kearifan lokal menjadi cermin nyata dari apa yang kita sebut sebagai hukum yang hidup dan tumbuh di masyarakat. Keberagaman yang multikultural dan pluralistik. Ini yang akan kita gali dan eksplorasi ” ungkapnya.

Dalam acara pengukuhan pengurus DPW Badan Budaya Jateng pada senin 12 Desember 2022 bertempat di Pendopo Dapur Pancasila Seni Kreatif Ki Warseno Slank Solo. Sejumlah fungsional partai turut hadir di acara ini, diantaranya Muhammad Farhan sebagai Ketua DPP Badan Budaya Partai Nasdem, dan Lestari Moerdijat sebagai Majelis Tinggi Partai NasDem.

Dikatakan oleh Farhan, Organisasi sayap Partai NasDem ini dibentuk sebagai wujud amanat visi ketiga partai, yakni bermartabat dan berbudaya.

“Badan Budaya ini kami bentuk untuk menjaga dan merawat simpul budaya, selain juga
sebagai upaya melahirkan kader pemimpin berbudaya, selain itu Badan Budaya menjadi bagian dari strategi pemenangan politik di 2024 dengan menggunakan dasar nilai berbudaya, ” kata Muhammad Farhan yang kini tercatat sebagai Anggota DPR RI.

Disisi lain wakik ketua MPR RI Lestari Moerdijat sekaligus anggota Majelis Tinggi Partai NasDem menyampaikan, bahwa seniman memiliki kekuatan luar biasa. Terutama dalam menciptakan karya seni yang menyisipkan pesan moral dan pesan kebangsaan.

“Karena itu, menjadi tepat bahwa lewat seniman dalam agenda empat pilar, kita turut mensosialisasikan arti penting kebudayaan, ” singkatnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button