DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Akibat Luapan Air Sungai, Lahan Persawahan Milik Warga di Situbondo Terendam

SITUBONDO, JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, salah satunya sungai di Desa Kumbangsari meluap menggenangi persawahan milik warga di Dusun Toroi.

Puriyono Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Situbondo, mengatakan akibat hujan deras debit air sungai di Desa Kumbangsari meluap ke persawahan cabe dan padi milik warga di Dusun Toroi.

Akibatnya ada sekitar 10 hektar lahan pertanian cabai milik warga setempat terendam air. Sehingga mengakibatkan kerugian hingga Rp40 juta. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa akibat peristiwa luapan air sungai tersebut, jelas Puriyono, Sabtu (16/12/2022).

Adapun data lahan cabai milik warga yang terendam banjir, milik Ila, Nursiyah dan Sumiyani warga di Dusun Toroi RT.002 RW.001 yang terendam banjir. Taksiran kerugian kurang lebih Rp15 juta. Luas lahan yang terendam sekitar 0,5 hektar.

Di Dusun Toroi RT.001 RW.001, luas lahan yang terendam banjir sekitar 3 hektare milik Ukik, Junaidi, Ila, Misun, Bartewi, Markacung dan Nurhasim. Taksiran kerugian kurang lebih Rp25 juta. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button