DaerahHukum & KriminalJawa TimurRagamSitubondo

Aksi Copet di Peringatan Maulid Nabi Ditangkap Banser Situbondo

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JAWA TIMUR, – Kawan copet asal Kabupaten Pasuruan ditangkap Anggota Banser Kabupaten Situbondo saat melakukan aksi pencopetan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di salah satu ponpes wilayah Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Rabu (20/10/2021) malam.

Keterangan yang disampaikan Ansori, Wakil Kepala Satuan Banser Situbondo mengatakan bahwa, kejadian aksi pencopetan tersebut terpantau kamera CCTV disekitar pondok pesantren. “Pelaku terekam CCTV di sekitar lokasi,” jelas Ansori.

Pelaku, kata Ansori membaur dengan jemaah pengajian. Ketika ditangkap, pelaku mengaku sendirian dan mengaku orang Pasuruan. Tapi, ketika ditanyakan ternyata, pelaku melakukan aksi mencopet tidak sendirian melainkan bersama tiga teman lainnya.

“Pelaku mengaku datang untuk melakukan aksinya seorang diri dengan menaiki bus dari Kabupaten Pasuruan. Tapi, setelah tas pelaku kita periksa, ternyata ditemukan kunci salah satu kamar hotel di Situbondo. Setelah kita, introgasi pelaku kita serahkan ke Polsek Kapongan,” terang Ansori.

Pelaku, sambung Ansori, melakukan aksinya tidak sendirian, tapi bersama dua orang perempuan dan dua orang laki-laki. “Dilihat dari CCTV, aksi pencopetan tersebut dilakukan 4 orang, temasuk pelaku yang kita tangkap. Ketika ditangkap, pelaku masih sempat telepon temannya dan memberi tahu jika dirinya tertangkap,” jelas Ansori.

Lebih lanjut, Ansori menjelaskan, dari peristiwa pencopetan tersebut, ada enam orang jemaah pengajian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang mengaku kehilangan handphone dan uang sebesar Rp. 4 juta.

“Kami langsung berkoordinasi dengan aparat kepolisian Polsek Kapongan dan menyerahkan pelaku. Saat ini pelaku diamankan di kantor polisi. Peristiwa pencopetan tersebut, sepenuhnya kita serahkan kepada pihak yang berwajib,” pungkas Ansori.

Sementara itu, Kapolsek Kapongan, Iptu Nanang Priyambodo S.Sos, membenarkan adanya penangkapan copet yang dilakukan anggota Banser. “Pelaku saat ini ditangani oleh Reskrim Polres Situbondo, anggota Polsek Kapongan hanya mengevakuasi pelaku dari TKP,” terang mantan Kasubag Humas Polres Situbondo.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button