DaerahSUMUT

Aktivis Nelayan Batubara Tegas Meyakini Ir. Zahir, M.Ap Tidak Akan Didukung Nelayan Untuk 2 Periode

BeritaNasional.ID, Batubara Sumut – Sejumlah nelayan yang berada pada 4 Kecamatan di Kabupaten Batubara mulai mengeluh dengan pola kepemimpinan Bupati Ir. Zahir, M.Ap dalam memimpin Kabupaten yang masih berusia 15 Tahun.

“Situasi sosial di internal masyarakat nelayan Batubara hari ini sangat miris di era kepemimpinan Bupati Batubara tersebut sejak ia di lantik pada tahun 2018 hingga saat ini,” kata M. Adam Malik, S.Sos dalam diskusinya dengan beberapa kelompok pemuda dan pemerhati pembangunan di salah satu cafe yang berada di Kecamatan Tanjung Tiram, Rabu (05/10/2022).

Melihat dari keluhan nelayan Batubara apapun kelompoknya, Ia berkeyakinan bahwa Bupati Zahir tidak akan mendapatkan kepercayaan untuk dipilih kembali menjadi Bupati Batubara 2 periode.

“Karena nelayan sudah banyak yang jerah dengan pola kepemimpinannya, terutama tidak keberpihakannya kepada nelayan pesisir di Batubara,” ungkapnya.

Ditegaskan Adam, hal ini bukan lagi rahasia umum, bahwa nelayan di Batubara memiliki alasan yang jelas tidak akan memilih Zahir menjadi Bupati untuk kedua kalinya. Mulai dari Asuransi Nelayan yang tak kunjung optimal, ditambah dengan janji-janji kampanye tahun 2018 kepada nelayan Batubara dan janji lainnya.

“Kita segar sekali janji-janji Bupati Zahir kala itu di lapangan simpang gambus, mulai dari kartu asuransi nelayan, pendidikan bagi anak-anak nelayan, bantuan sosial lainnya, dan prioritas infrastruktur bagi nelayan, semua itu tak terbukti dan hanya tinggal janji,” ungkapnya.

Ia menilai nelayan tidak akan memilih Zahir untuk kedua kalinya karena visi dan misi bagi nelayan tidak menjadi prioritas utama kepemimpinannya saat ini.

“Ditambah lagi dengan BBM yang sulit bagi nelayan Batubara dan hasil tangkapan nelayan yang semakin berkurang menjadi hal lain kenapa nelayan tidak akan mendukung Zahir untuk 2 periode. Walaupun 2 problematika ini hanya bisa di selesaikan oleh pusat, karena kan ini kebijakan pusat, namun efek domino ke Zahir sudah pasti,” pungkasnya.

Untuk itu, ia menghimbau agar nelayan lebih cerdas dalam memilih Pemimpin di Kabupaten Batubara kedepannya. Seperti memilih pemimpin yang komitment dengn janji-janjinya untuk meningkatkan taraf hidup para nelayan di Kabupaten Batubara.

“Hari ini, nelayan menginginkan sosok yang punya integritas dengan kelompok nelayan, dan kemudian punya wacana dan rencana untuk program yang produktif kepada nelayan sehingga taraf hidup nelayan di Batubara ini bisa meningkat, dan saya menilai jiwa seperti ini tidak ada pada Zahir,” cetus Adam. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button