DaerahPelantikanSUMUT

Alvian Khomeini Pimpin JMSI Batu Bara di Rakerda JMSI Sumut Soal SE Dewan Pers Terbaru

BeritaNasional.ID – Medan Sumut – Dalam rangkaian Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumatera Utara yang dipimpin Rianto Aghli melantik kepengurusan JMSI Batu Bara masa bhakti 2022-2027 yang dipimpin Alvian Khomeini, M.Si.

Rakerda JMSI Sumut ini membahas tentang surat edaran dewan pers terbaru nomor 7 tanggal 27 Februari, yang mengatur tentang kesejahteraan wartawan.

“Ini bukan hal baru bagi di dunia pers, sebab pentingnya kesejahteraan, asuransi, tabungan dan gaji yang layak bagi wartawan,” kata Ketua DPP JMSI Pusat diwakili Choky Susilo Sake saat membuka Rakerda di Madani Hotel, Medan, Kamis (2/3/2023).

Choky menyebutkan, bahwa Surat dari dewan pers tersebut bukan hambatan tapi tantangan bagi perusahaan media. Untuk ini JMSI harus melakukan konsolisasi internal secara organisasi dan profesionalisme.

Selain itu, Rakerda yang sebelumnya dibuka oleh Ketua DPP JMSI Pusat diwakili Choky Susilo Sake, menyampaikan bahwa JMSI harus menjadi lokomotif pembangunan potensi daerah, tidak sekedar memberitakan layanan pubik, tapi memberitakan potensi daerah.

Choky menyebutkan, bahwa tantangan kedepan saat ini yang di hadapi media siber setiap hari makin bertambah mengingat kemajuan informasi, artinya persaingan kedepan akan ketat.

Kemudian kecendrungan media siber saat ini membuat berita yang sama atau copy paste, satu sisi ada kecendrungan masyarakat untuk memanfaatkan informasi yang berbeda, media cyber nyaris sama namun di medsos berita yang berbeda walau akurasinya rendah, selain lebih cepat viral bisa mendapatkan berita yang berbeda.

“Rakerda ini dibahas bagaimana membangun soliditas JMSI melalui sindikasi usaha, membuat berita menjadi layak dan memperoleh penghasilan yang dibolehkan Undang-undang,” tegasnya membacakan pidato Ketum JMSI Pusat.

Selanjutnya ia menjelaskan target JMSI, bahwa ada beberapa kewajiban perusahan pers dibawa naungan JMSI untuk penataan redaksional maupun usaha, peningkatan UKW, rapat kerja serta membahas tindak lanjut surat dewan pers tersebut.

Dilantik sebagai Ketua, Alvian Khomeini berharap JMSI Kabupaten Batu Bara dapat lebih meningkatkan perannya dalam membina media siber. Hal ini sangat penting mengingat salah satu fungsi pers yaitu ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Media yang profesional juga menjadi ujung tombak pembangunan daerah dan juga sebagai alat kritik untuk menjadikan pembangunan daerah lebih baik,” cetus Alvian Khomaini.

Menurutnya, jika peran ini dapat dioptimalkan, hal ini dapat menjadi modal untuk pertumbuhan media siber akan semakin meningkat dan JMSI menjadi konstituen Dewan Pers.

“Susuai arahan DPP Pusat untuk penguatan JMSI Sumut bersama pengurus dan daerah, semua pengelola media online yang sudah terverifikasi faktual, tetap melakukan kritik inilah wadahnya, tetapi harus kontrol,” tutupnya. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button