RagamSulawesi

Anggaran 3,6 Miliar, Seragam SD dan SMP Gratis Bagi Siswa

image_pdf

SIDRAP BeritaNasional.ID, — Pemkab Sidrap akan menggratiskan pengadaan seragam sekolah tahun depan. Biayanya cukup besar Rp3,6 miliar. Pelaksana tugas Bupati Sidrap, Dollah Mando menuturkan program seragam sekolah gratis merupakan program kampanyenya sewaktu menjadi Calon Bupati Sidrap.  Dollah Mando menggaransi akan merealisasikan janji politiknya tersebut dengan mengusulkannya sebagai prioritas pada RAPBD 2019.

“Program seragam gratis adalah prioritas saya. Dan janji politik yang harus dilaksanakan. Itu sudah tertuang dalam rencana anggaran tahun depan,” Hal tersebut di ungkapkan Bupati Sidrap H Dollah Mando, Senin, 26 November 2018 di Pangkajene Sidrap

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap

Bupati Sidrap terpilih ini mengatakan, dengan program ini akan sangat membantu masyarakat. Biaya untuk membeli seragam sekolah di setiap tahun ajaran baru tak akan lagi jadi beban bagi orang tua siswa. Dan ini akan dianggarkan tiap tahun.

“Jadi orang tua siswa baru, tak perlu lagi harus memikirkan biaya seragam. Cukup bagaimana anaknya agar mau bersekolah. Karena nanti juga akan disiapkan beasiswa berprestasi,” terang Dollah Mando.

Dollah Mando melanjutkan, program pendidikan gratis memang merupakan prioritasnya. Kata dia, untuk meningkatkan taraf hidup warga perlu pendidikan yang baik. Sehingga beban-beban orang tua siswa akan ditanggung Pemda.

“Jadi ini seragam sekolah ditanggung untuk SD dan SMP. Karena untuk SMA sudah bukan wewenang Pemkab. Sudah tanggung jawab Pemprov,” ucap Dollah Mando.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap, Nur Kanaah mengatakan pihaknya sudah memasukkan program prioritas Bupati terpilih ke dalam anggaran prioritas untuk tahun depan. Termasuk pengadaan seragam gratis untuk siswa baru. Total anggarannya mencapai Rp3,6 miliar.

“Ini terbagi untuk pengadaan seragam SD mencapai Rp2,1 miliar. Sementara untuk baju seragam SMP dianggarkan Rp1,5 miliar,” jelasnya.

Kata dia, selain pengadaan seragam sekolah. Juga ada insentif untuk guru honorer yang akan juga disiapkan. Juga untuk beasiswa berprestasi untuk siswa SD dan SMP. Termasuk juga untuk guru berprestasi disiapkan anggaran.

“Untuk anggaran beasiswa guru dan siswa berprestasi ini diusulkan di kisaran Rp400 juta. Itu akan dijalankan tahun depan,” terang Nurkanaah.

(Risal Bakri).

Show More

Related Articles

Back to top button
Close