DaerahJawa TimurPolitikSitubondo

Anggota Komisi VI DPR RI Soroti Kios dan Distrubutor Pupuk Bersubdi ‘Nakal’

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Menanggapi keluhan kelompok tani di Kabupaten Situbondo tentang jatah pupuk subsidi yang semakin berkurang dan harga pupuk non subsidi mahal yang di jual di kios-kios, HM Nasim Khan, Anggota Komisi VI DPR RI, menenggarai adanya dugaan penyelewengan distribusi pupuk bersubsidi yang dilakukan oleh kios dan distributor ‘nakal’ di wilayah Kabupaten Situbondo, Rabu (07/02/2023).

Lebih lanjut, Nasim Khan menjelaskan, jika ada masyarakat yang menemukan bukti adanya kecurangan dalam distribusi pupuk bersubsidi, maka harus ditindak tegas dan melaporkan kepada Aparat Penegak Hukum.

“Apabila masyarakat mengetahui penyelewengan distribusi pupuk subsidi dari kios maupun pangkalan dan ditunjang dengan bukti bukti nyata laporkan ke APH atau sampaikan kepada kami,” kata Nasim Khan.

Tak hanya itu yang disampaikan HM Nasim Khan, Caleg PKB Dapil Jatim III Nomor Urut 02, namun dia menegaskan, jika masyarakat mengantongi bukti penyelewengan, maka pihaknya akan segera koordinasi dengan PT Pupuk Indonesia.

“Kalau perlu jadi bahan evaluasi. Kios dan distributor yang nakal wajib mendapatkan hukuman secara tegas,” kata Nasim Khan saat reses yang berlangsung di Aula Gedung Serbaguna Wisata Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo.

Menurut Nasim Khan, kios ‘nakal’ sudah terjadi di Kabupaten Bondowoso sejak tahun 2023 lalu. “Pupuk keluar ketangkap, tanpa SJB ketangkap, maka kios atau distributor yang menyalahgunakan pupuk bersubsidi ditutup, diganti dengan kios lain,” pungkasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button