HeadlineKEPRI

Ansar Ahmad Resmikan Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022

Beritanasional.id, KEPRI — Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) turut serta dalam memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda  Ke-94 tahun dengan menyelenggarakan Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 dengan tema “Merdeka Berkreasi, Bersatu Bangun Bangsa” di Ibukota Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang tepatnya di Jalan Merdeka yang sedang direvitalisasi sebagai icon Ibukota Provinsi Kepri kedepannya.

Berbagai event yang ada pada pelaksanaan Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 ini, baik online maupun offline. Adapun event yang dilaksanakan secara online antara lain, Lomba Menulis Surat Untuk Gubernur Kepri, Short Video Competition, Tiktok Video Competition, Story Telling Competition, dan Photography Competition yang telah diumumkan sejak tanggal 20 Oktober 2022 lalu melalui official media sosial Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepri. Untuk pelaksanaan offline langsung diselenggarakan pada saat Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2022 sejak pagi hingga malam puncak mendatang. Kegiatan berupa Lomba Mewarnai untuk kategori Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kota Tanjungpinang, Tiktok Competition, Lomba Menggambar untuk kategori Pelajar dan Mahasiswa se-Kepri, Modern Dance Competition, dan Kepri Young Carnaval Competition.

Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 ini diresmikan langsung oleh Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad yang hadir langsung setelah melaksanakan Kirab Pemuda dari Gedung Daerah Provinsi Kepri didampingi oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kepri dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai provinsi di Indonesia.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepri menyampaikan selamat hari sumpah pemuda yang ke-94 tahun untuk para pemuda Kepri agar bersiap untuk menjadi generasi penerus dalam membangun Indonesia agar lebih maju dimasa yang akan datang. “Saya sampaikan selamat hari Sumpah Pemuda Ke-94 tahun ditahun 2022 ini dengan tema bersatu membangun bangsa, pesan ini disampaikan oleh Pemerintah Indonesia bahwa membangun negara ini kedepan hanya dapat dilakukan dengan bersatu padu saling bahu membahu untuk semua elemen dan komponen masyarakat terutama pemuda yang saat ini secara demografi pemuda menempati angka lebih dari 60% dari penduduk Indonesia maka pemuda produktif yang akan menjadi penentu bangsa Indonesia ini kedepan untuk lebih maju lagi.” Ucapnya.

Mantan Ketua KNPI Kabupaten Kepulauan Riau itu juga mengatakan disepanjang Jalan Merdeka selama pelaksanaan Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 itu akan ada pameran foto pemuda dari masa ke masa sebagai motivasi untuk pemuda masa kini bahwa untuk menjadi seorang pemimpin itu membutuhkan proses yang panjang. “Bisa kita saksikan bersama-sama tampak pameran foto perjalanan pemuda dari masa ke masa yang menghiasi Jalan Merdeka Kota Tanjungpinang ini. Pameran foto ini bertujuan untuk memberikan semangat bahwa menjadikan kepemimpinan itu lebih baik jika melalui proses kepemimpinan yang dimulai dari awal” Pungkasnya.

Sementara itu tampak juga stand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) para pemuda menghiasi sepanjang Jalan Merdeka Kota Lama, Kota Tanjungpinang tersebut dengan menampilkan kreasi-kreasi kuliner dan lain sebagainya.

Pada kesempatan yang berbahagia itu Mantan Bupati Bintan 2 periode tersebut juga menyampaikan beberapa program pembangunan Kepri untuk Kota Tanjungpinang kedepannya. “Semua ini kita lakukan agar kita bangkit kembali pasca Covid-19 bersama-sama menjadikan pemuda Kepri sebagai andalan kita bersama. Untuk tahun yang akan datang, event ini akan kita masukkan kedalam kalender pariwisata tahunan Kepri dengan kemasan yang lebih baik tentunya dengan tema Merdeka Berkreasi bagi pemuda-pemudi di Kepri. Kemudian kedepannya kawasan Jalan Merdeka ini akan dikemas menjadi lebih baik lagi dengan menambahkan ornamen-ornamen yang indah, Gurindam Dua Belas, dan Pulau Penyengat juga terus kita benahi. Kawasan Akau Potong Lembu juga akan kita jadikan Heritage Food Kota Tanjungpinang. Kita berharap semoga Provinsi Kepri kedepannya akan terus berkembang pesat dan Kota Tanjungpinang sebagai Ibukota Provinsi Kepri akan menjadi trigger berbagai aktivitas-aktivitas kegiatan kemasyarakatan dan pemuda” Tutupnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button