Daerah

Antisipasi Bahaya Gempa , RSUD Hj.Andi Depu Bersama Damkar Gelar Simulasi

BeritaNasional.ID.Polman.Sulbar —Guna memastikan pegawai dan staf cakap dalam menghadapi bencana gempa, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hajjah Andi Depu gelar Simulasi di lantai 3 Rawat Inap, Jumat (16/9/2022).

Kecakapan tersebut diuji dalam simulasi bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Polman.

Kordinator penanggung jawab (Pokja) manejemen fasilitas dan keselamatan (MFK) RSUD Hajjah Andi Depu, Edy Dwi Iswanto menyampaikan simulasi melibatkan para pegawai dan staf RSUD agar mereka siap siaga dalam melindungi diri sendiri dan tahu cara evakuasi pasien dalam menghadapi bencana gempa.

“Tidak diminta-minta yahh.. kemudian hari terjadi bencana paling tidak petugas rumah sakit selain bisa menyelamatkan diri sendiri tentunya mereka juga bisa mengetahui cara mengevakuasi pasien untuk menyelamatkan keluar dari gedung menuju titik kumpul,” Ujar Edy Dwi Iswanto.

Ditempat sama, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Polman A. Zainal menyebutkan salah satu tujuan simulasi dilakukan di RS mengingat banyaknya pasien yang dirawat inap. Jadi, petugas rumah sakit diharapkan siap siaga menyelamatkan diri dan para pasien jika terjadi gempa.

Dengan menggelar simulasi, harapannya karyawan RSUD Hajjah Andi Depu lebih siap menghadapi bencana dan situasi kegawatdaruratan melalui materi dan simulasi langsung yang dipraktekkan petugas rumah sakit.

Menurutnya, Sulbar 10 tahun terakhir ini sudah masuk dalam wilayah rawan gempa. Jadi, dibutuhkan persiapan dini untuk menghadapi bencana alam yang tidak diketahui kapan terjadi.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button