Daerah

Antisipasi Kelangkaan LPG 3 Kilogram, Bupati Jember Minta Rekomendasi Pendirian Agen Dipermudah

Berita Nasional.ID, JEMBER JATIM – Untuk mengantisipasi kelangkaan LPG 3 kilogram, Bupati Jember Jawa Timur Hendy Siswanto meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag dan ESDM) agar mempermudah rekomendasi pendirian agen LPG 3 Kilogram.

“Untuk teman teman (masyarakat, red) yang ingin membuka agen LPG 3 kilogram, kasih rekom saja sebanyak mungkin,” pintanya saat memimpin rapat Si Rambo di Perkebunan Banjarsari, Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember, Rabu (12/6/2024).

Menurut Bupati Hendy, hal tersebut untuk menghindari terjadinya gejolak harga, atau bahkan kelangkaan LPG 3 kilogram. Kalau beli di agen, harga LPG 3 kilogram hanya Rp16.000,- Tapi jika beli di tingkat pengecer harganya bisa mahal.

“Yang namanya pengecer, Misalnya beli di Bangsalsari lalu dijual di Banjarsari dengan harga Rp25.000 misalnya, itu sah. Boleh kan pengecer juga menghitung ongkos tranpot belinya. Tapi masyarakat kurang menerima dengan harga segitu,” urainya.

Bupati yang juga pengusaha itu menambahkan, pihaknya belum lama ini melakukan Sidak ke sejumlah hotel dn restoran. Tenyata mereka menggunakan LPG 3 kilogram. Padahal LPG 3 kilogram hanya untuk masyarakat miskin dan usaha mikro.

“Ini tidak tepat sasaran. Kalau semua pakai LPG yang 3 kilogram berat kita. Berapapun persediaannya, pasti dibeli untuk buffer stock,” jelasnya. Untuk itu, Bupati Hendy meminta kesadaran masyarakat yang sudah mampu agar tak perlu menggunakan LPG 3 kilogram. Selain itu, ia akan melakukan Sidak di sejumlah titik lokasi.

“Mohon bantuannya Diskop dan Pol PP untuk dijadwalkan kita keliling ke beberapa titik lokasi. Kami berharap kolaborasi kita, minta tolong ditemani Babhinkatmtibmas dan Babinsa untuk ke lokasi-lokasi agen dan pengecer,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Hendy meminta dinas terkait untuk memantau dan mewaspadai kenaikan harga bahan-bahan pokok yang kemungkinan akan mengalami kenaikan.

“Tentunya harus ada action plan kita , memberikan kemudahan dan menggelar pasar-pasar murah di sejumlah lokasi,” pungkasnya (AAR/Bernas).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button