DaerahEks Keresidenan Madiun

Antisipasi Kenaikan Harga di Libur Nataru, Disperdagkum Akan Turun Tim Pemantau

BeritaNasional.ID, Ponorogo – Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdagkum) Kabupaten Ponorogo akan menerjunkan Tim Pemantau Harga untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga komoditas pasar menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di akhir Desember ini.

Kepala Disperdagkum Kabupaten Ponorogo Addin Andhanawarih, Selasa (1/12/2020) mengatakan, tim ini akan diterjunkan mulai pekan ini untuk memonitor harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat. Hal ini dilakukan karena ada kecenderungan harga-harga meningkat saat liburan karena adanya peningkatan permintaan di tengah masyarakat.

“Kita mengantisipasi kondisi itu dengan memantau harga barang di pasaran. Dari pemantauan itu, kita bisa berupaya agar harga-harga tersebut stabil,” kata Addin.

Sesuai hukum pasar, kenaikan harga biasanya terjadi karena adanya peningkatan permintaan di tengah masyarakat.

“Tapi sejauh ini insya Allah kondisi di Ponorogo ini kondusif akhir-akhir ini. Masih stabil,” kata Addin.

Komoditas yang saat ini mengalami peningkatan adalah sayur mayur. Akan tetapi hal ini bukan karena momen jelang liburan. Kenaikan terjadi karena musim hujan yang membuat hasil panen sayuran tidak begitu baik sehingga pasokan menurun.

Kondisi terkini, pada Selasa (1/12/2020) di Pasar Legi Ponorogo harga cabe keriting tercatat Rp36 ribu per kilogram, naik Rp1.000 dari Senin (30/11/20202); cabe biasa Rp37 ribu/kg atau naik Rp2.000; dan cabe rawit tercatat Rp41 ribu, naik Rp6.000 dari hari sebelumnya.
Harga bawang merah tercatat Rp28 ribu/kg, turun Rp4.000; bawang putih Rp20 ribu/kg, stabil;
kol/kubis Rp8 ribu/kg, naik Rp2.000; kentang Rp11.500, stabil; tomat Rp12 ribu/kg, naik Rp4 ribu; wortel Rp8 ribu/kg, naik Rp2 ribu

 

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button