BondowosoDaerahJawa Timur

Api Yang Melalap 5 Ha Lahan Perhutani Kawah Wurung Bondowoso Sudah Berhasil Dipadamkan

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Setelah Tim Gabungan yang terdiri dari Polsek Ijen, Posramil Ijen, BPBD, Kecamatan Ijen, Subcon PT. Medco, LMDH, Perhutani (BKPH Sukosari, Polmob) dan Petugas Wisata Kawah Wurung berjibaku, akhirnya si jago merah berhasil ditaklukkan.

Hal itu diungkapkan Camat Ijen, Edi Mulyono pada Berita Nasional.ID, Senin, 4/9 2023. “Alhamdulillah, setelah Tim bergerak cepat, api yang melalap hutan di sekitar Destinasi Kawah Wurung berhasil dipadamkan,” kata Edi, sapaannya.

Dikonfirmasi terpisah, Humas Perhutani Bondowoso, Yulianto membenarkan kejadian kebakaran Hutan FC KPH Bondowoso. “Telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di Blok Gunung Roti roti Petak 91D,” kata Yulianto.

Kawasan tersebut, lanjutnya, masuk wilayah RPH Blawan BKPH Sukosari KPH Bondowoso Desa Kalianyar Kecamatan Sempol. Kelas hutan kategori TBP yang ditumbuhi alang-alang dan semak belukar yang mudah terbakar.

Ditambahkan, titik koordinat -8.060134775005281 S. Kondisi saat ini, api sudah dapat dipadamkan. Kebakaran terjadi pada hari Minggu 3 September tahun 2023 pada Jam 13.30 WIB

Sumber informasi awal kejadian kebakaran berasal dari mandor Polter RPH Blawan, Abdul Aziz, Mandor tanam RPH Blawan, Arik dan LMDH Gunung Hijau, Di Hajir saat melakukan Patroli Preventif.

“Api/penyebab kebakaran diduga kelalaiaian orang yang tidak bertanggung jawab. Luas lahan yang terbakar 5 ha. Jenis tanaman/vegetasi hutan yang terbakar adalah lantai antai hutan/alang-alang,” jelasnya.

Taksiran Kerugian akibat kebakaran, lanjutnya, masih dalam perhitungan. Penanganan pemadaman api dilakukan pada tanggal 03/9/2023 jam 13.30 wib sampai dengan jam 23.00 WIB dan api sudah dapat dipadamkan.

Ditambahkan, langkah-langkah penanggulangan yang diambil, melakukan konsolidasi dengan petugas dilapangan, berkoordinasi dengan pihak lain terkait, meminta bantuan dari masyarakat dan LMDH, melakukan laporan lisan kepada pimpinan langsung, membuat ilaran/sekat bakar, dan memadamkan langsung ke titik api.

Tenaga perbantuan yang terlibat, Polsek Ijen 5 orang, Posramil Ijen 3 orang, BPBD 5 orang, Kecamatan Ijen 4 orang, Subcon PT. Medco 3 Orang, LMDH 3 orang. Perhutani, BKPH sukosari 8 orang, Polmob 4 orang, dan Petugas wisata Kawah Wurung 3 orang.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button