DaerahRagamSosial

Babinsa Bantu Buat Cairan Disinfektan Mandiri

BeritaNasional.ID, Boyolali – Guna mengantisipasi serta mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), Perangkat Desa Ketitang dan Bidan Desa Ketitang dibantu Babinsa Ketitang Koramil 13/Nogosari Kodim 0724/Boyolali Serda Edy Sarjono membuat cairan disinfektan mandiri. Kegiatan ini berlangsung di Balaidesa Ketitang, Jalan Raya Nogosari KM 2,6 Desa Ketitang, Kec. Nogosari, Kabupaten Boyolali. Jum’at (24/04).

Kegiatan pembuatan cairan disinfektan mandiri ini sesuai dengan ketentuan yang disarankan oleh WHO (World Health Organization), organisasi Kesehatan dunia yang merupakan salah satu Badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss.

Saat ditemui, Bidan Desa Ketitang, Ibu Lestari, Amd. Keb (45) menjelaskan tentang beberapa cara pembuatan cairan disinfektan mandiri yaitu dengan menggunakan Pemutih pakaian (Sodium hipoklorit 5 persen) biasanya kadar kekuatan 5.25 hingga 6.15 persen, Alkohol 70 persen. Hydrogen peroksida 2 sampai 3 persen jika tidak menemukan bisa di peroleh dari cairan pemutih pakaian, cairan pembersih lantai, dan karbon atau pine oil.

“Kali ini kita membuat cairan disinfektan dengan cara mencampurkan air dengan cairan pembersih lantai dengan perbandingan 1 tutup botol takar cairan pembersih lantai dengan 5 liter air,” tutur Bidan Desa.

“Sebelum kita buat cairan desinfeksi secara mandiri, sebaiknya pastikan bahan yang digunakan tidak melewati masa kadaluarsa. Kemudian, sebaiknya jangan mencampurkan cairan pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya,” imbuh Bidan Desa.

Babinsa Ketitang Serda Edy Sarjono menambahkan bahwa pembuatan cairan disinfektan ini hasilnya akan didistribusikan keseluruh RT di wilayah Desa Ketitang, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. (Agus Kemplu)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close