BanjirJawa Timur

Banjir Bandang dan Lonsor Terjang Malang Selatan

Malang, BeritaNasional.IDSejumlah wilayah di Kabupaten Malang Jawa Timur di terjang banjir bandang dan longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi, Senin (17/10/2022).

Hujan deras cukup tinggi di Malang Selatan mengakibatkan bencana alam banjir bandang di desa Pujiharjo Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Banjir bandang pada tahun ini lebih parah dari tahun sebelumnya. “Banjir bandang ini mengakibatkan jembatan Blok 9 putus dan Jembatan Kali Gamping hancur,”kata Kades Pujiharjo Hendik Asrso

Banjir besar terjadi mulai pagi hingga siang hari  menegelamkan makam, sawah dan kebun penduduk. Beberapa sekolah SDN dan TK juga ikut terkena banjir. Warga yang terdampak sudah di evakuasi di tempat yang aman. Delapan RT di wilayanh ini mengalami rusak berat.

“Hujan lebat dan banjir bandang ini juga mengakibatkan longsor di empat titik yang paling parah di pertigaan Lenggoksono, sehingga akses jalan menuju desa Pujiharjo hanya dapat dilalui dengan sepeda motor,”ujar Hendik Arso kepada Berita Nasional.

Lebih lanjut Hendik Arso menjelaskan banjir bandang ini disertai dengan material dan kayu-kayu  masuk ke perkampungan. Saat ini warga desa dan para relawan masih mengevakusi warga yang terdampak dan untuk jumlah yang terdampak belum diketahui. Di wilayah kami saat ini lagi pemadaman dengan demikian sambungan internet juga terganggu.

“Mohon doanya agar banjir segera surut dan mohon kepada pemerintah dan para relawan untuk membantu kami membersihkan kayu dan material yang masuk ke perkemapungan. ”Saat ini kami juga membutuhkan Bronjong, alat berat dan air bersih,”tambahnya. (ady)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button