Nasional

Bantah Web SIMPEG Diretas, Kemenkumham : Server Kami Baik- Baik Saja

BeritaNasional. ID, JAKARTA – Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memastikan bahwa informasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Kemenkumham diretas dan data pegawai di dalamnya diperjual belikan adalah tidak benar.

“Saya sampaikan Tidak benar web SIMPEG Kemenkumham itu diretas, hingga saat ini sistem dan data aman. Jumat kemaren memang kita dapat info bahwa data SIMPEG kita bocor dan diperjualbelikan. Setelah dicek, ternyata tidak ada, ” tukas Tubagus Erif Faturahman, Koordinator Humas Setjen Kemenkumham. Minggu (28/08/2022).

Adapun data milik pegawai kemenkumham yang sempat beredar, adalah data arsip tahun 2020 bukan data krusial dan sudah tidak dipergunakan.

‘Isinya hanya data umum, berupa nama, NIP, nomor rekening, nomor kontak atau data lain yang tidak bisa digunakan untuk membobol rekening, ubah password atau lainnya. Pertanyaannya, kenapa data lama itu bocor? Kemungkinannya laptop salah satu admin kita mendownload aplikasi berupa phising sehingga diretas, ” paparnya.

Tubagus Erif Faturahman menegaskan, data yang tersebar adalah data lama dan bersifat umum sehingga tidak bisa digunakan untuk kejahatan ekonomi, perbankan atau lainnya.

“Sebagai info, setiap hari kita mendapat ribuan serangan. Rata-rata 2000an. Terbanyak dari luar negeri. Upaya yang dilakukan kemenkumham untuk menangkal serangan itu adalah dengan mengaktifkan fitur blocking pada Advanced Web Application Firewall. Kemenkumham juga bekerjasama dengan BSSN membentuk Computer Security Incident Response Team (CSIRT), Insya Allah sampai sekarang data aman,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button